Budidaya Tanaman Buah Mengkudu secara Organik

208 views

Budidaya organik tanaman mengkudu sebagai tanaman obat merupakan suatu hal yang sudah banyak dilakukan. Tujuan dari budidaya ini tentunya agar dapat menghasilkan simplisia bahan nabati yang berkualitas. Pemilihan budidaya tanaman mengkudu secara organik maksudnya agar hasil panen buah mengkudu yang nantinya akan diproses sudah memenuhi persyaratan kebersihan dan kesehatan.

Penanganan budidaya mengkudu harus benar-benar diperhatikan karena banyak hal yang dapat mempengaruhi kandungan zat dalam buah mengkudu, salah satunya adalah pengaruh lingkungan. Dalam budidaya tanaman mengkudu secara organik, prosesnya tidak menggunakan bahan kimia selama pertumbuhannya.

Budidaya Tanaman Buah Mengkudu

Artinya, penggunaan pestisidanya menggunakan kimia sintetis, zat pengatur tumbuh, dan pupuk kimia sintetis. Sementara, beberapa species gulma dibiarkan tetap tumbuh karena ada bagian dari gulma ini (bunga, daun atau akarnya) yang dapat berfungsi sebagai pengusir serangga pengganggu. Intinya, budidaya secara organik merupakan salah satu proses budidaya yang ramah lingkungan.

Jika ingin mengusahakan budidaya mengkudu dalam skala besar berupa perkebunan, hendaknya tanaman mengkudu dibudidayakan di daerah bersih, bebas polusi, serta jauh dari kawasan industri meupun lalu lintas kendaraan bermotor. Hal ini dilakukan agar menghindari adanya pencemaran buah mengkudu oleh logam berat, seperti timbale, air raksa, arsen, tembaga, dan seng.

Tinjauan Umum Tanaman Buah Mengkudu

Dalam subbab ini, pembahasan akan dititikberatkan pada tinjauan umum seputar mengkudu agar pembaca sekalian dapat lebih mengenali tanaman mengkudu itu sendiri. Adapun pengenalan tanaman mengkudu ini meliputi beberapa paparan, yakni tentang klasifikasi tanaman mengkudu, nama yang dikenal, habitat, ciri-ciri, kandungan kimia, khasiat, faktor-faktor yang memengaruhi kandungan zat pada tanaman mengkudu, dan penelitian farmakologi pada tanaman mengkudu. Berikut paparannya.

1. Klasifikasi Tanaman Mengkudu

Menurut Carolus Linnaeus, tanaman mengkudu memiliki klasifikasi sebagai berikut.

Divisi: Spermatophyta
Subdivisi: Angiospermae
Kelas: Sypmpetalae
Bangsa: Rubiales
Suku: Rubiaceae
Marga: Morinda
Jenis: Morinda citrifolia L.

2. Nama yang Dikenal

Nama mengkudu merupakan nama umum yang banyak dikenal di Indonesia, sedangkan nama daerah dan nama di negara-negara lainnya sebagai berikut.

a. Nama Daerah

Aceh: Keumudu
Batak: Bakudu/bangkudu
Nias: makudu
Mentawai: Nateu
Minangkabau: Bingkudu
Lampung: Mekudu
Sunda: Cangkudu
Madura: Kuduk
Bali: Wungkudu
Sumba: Aikomba
Jawa: pace
Kalimantan: mangkudu

b. Nama di Negara Lain

Timor Leste: Bakulu
RRC: Bajitian
Hawai: Noni
India: Indian Mulberry
Malaysia: Mengkudu
Samoan dan Tangan: Nonu
Tahiti: nano

3. Habitat Mengkudu

Tanaman mengkudu dapat tumbuh pada ketinggian 1000 mdpl. Pada umumnya tanaman mengkudu ini banyak terdapat di daerah tropis, termasuk Kepulauan Pasifik, Asia Tenggara, India, Philipina, dan Amerika.

Baca Juga : Khasiat buah Alpukat