Cara Budidaya Cabai Di Polybag Dan Perawatannya

2,249 views

Cara budidaya cabai di polybag – Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan cabai? Cabai adalah jenis tanaman sayuran atau bisa juga disebut juga bumbu, cabai pada umumnya rasanya pedas. Rasa pedas pada cabai termasuk ada tingkatan-tingkatannya, ada yang dari tidak pedas, pedas sedang hingga rasa yang sangat pedas, namun ada juga cabai yang rasanya tidak pedas. Karena jenis cabai ada yang jenis cabai bumbu ada juga jenis cabai sayuran.

Untuk budidaya cabai tidaklah rumit atau sulit, budidaya cabai dapat dilakukan dimana saja baik itu dataran tinggi, dataran sedang hingga dataran rendah. Media untuk budidaya cabai pun juga ada banyak medianya yaitu media lahan bedeng, lahan pot, polybag, pekarangan rumah dan masih banyak yang lainnya. Untuk itu buat apa Anda bingung soal tempat untuk mencoba budidaya cabai ,sangat mudah kox. Simaklah ulasan berikut ini tentang cara budidaya cabai di polybag.

cara budidaya cabe di polybag

Untuk cara budidaya cabai di polybag tidaklah rumit dan juga tidak memakan tempat yang luas. Cara ini sangat simpel untuk siapapun yang ingin budidaya cabai akan tetapi tidak mempunyai lahan yang luas. Coba Anda bayangkan! Jika harga cabai saat melonjak tajam tapi keuangan menipis padahal apa-apa juga mahal. Sayang kan uangnya, lagian kebutuhan yang lainnya juga mendesak. Mendingan budidaya cabai sendiri untuk memangkas pengeluaran. Lumayan bisa buat tambah tabungan. Ehh kox jadi nglantur, heheee.

Langkah-langkah Cara Budidaya Cabai Di Polybag

Untuk menanam atau cara budidaya cabai di polybag, membutuhkan beberapa tahap-tahapan antara lain : persiapan bahan, pengolahan tempat, penanaman dan perawatan Langsung saja, mari kita bahas bersama-sama.

A. Bahan-bahan

  1. Bibit tanaman cabai minimal berusia 4 minggu dari penyemaian. Pilihlah bibit cabai yang bagus dan baik dengan kriteria daun 4 lembar hingga 6 lembar. Bibit berdiri dengan tegak.
  2. Plastik polybag, plastik polybag sangat mudah untuk didapatkan yaitu bisa di beli pada toko-toko pertanian dimanapun Anda berada.
  3. Tanah yang gembur yaitu dengan ciri-ciri tanah nya lembut berdebu seperti pasir.
  4. Pupuk kompos (pupuk kandang) atau pupuk urea, pupuk KCL.

B. Pengolahan

Olah semua bahan-bahan yang sudah dipersiapkan yaitu tanah dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk urea dengan perbandingan 1:1. Setelah itu pada campuran yang sudah dicampur maka ditakar dalam setiap 1 polybag perlu ditambahkan 1 sendok makan pupuk KCL agar tanah menjadi semakin gembur dan subur. Setelah semuanya tercampur dengan rata maka masukkan campuran bahan tersebut ke dalam plastik polybag.

C. Penanaman

Sebelum dilakukan proses penanaman alangkah baiknya tanah di dalam polybag disiram terlebih dahulu menggunakan air biasa agar tanah menjadi lembab dan mudah untuk bertumbuh akar tanaman namun proses penanaman tersebut jangan terlalu lembab atau becek karena justru dapat menyebabkan tanaman akan mati atau membusuk. Setelah penyiraman selesai maka langkah selanjutnya yaitu bibit siap untuk ditanam pada media polybag.

D. Perawatan

Untuk perawatan tanaman cabai pada polybag ialah cukup simpel. Berikut ulasan beserta keterangannya dibawah ini:

  1. Setelah usia tanaman sekitar 10 hari maka perlu dilakukan penyiraman menggunakan air yang dicampur dengan pupuk kandang, KCL, dan pupuk urea. Siramkanlah campuran air tersebut kedalam tanah yang terdapat pada polybag. Penyiraman dilakukan setiap 2 minggu sekali secara rutin hingga tanaman cabai bertumbuh bunga-bunga kecil.
  2. Pada usia tanaman menanjak 1 bulan maka pada sisi polybag sebaiknya diberi ajir atau lanjaran, ajir atau lanjaran ditancapkan pada sisi polybag kemudian kaitkan ajir tersebut dengan tanaman cabai menggunakan tali.
  3. Jika tanaman cabai sudah mulai bertumbuh bunga maka langkah selanjutnya yaitu disemprot menggunakan air yang dicampur dengan obat anti hama dan juga penyubur untuk tanaman dan buah cabai.
  4. Setelah cabai siap untuk dipanen maka lakukanlah proses panen dengan jangka waktu 5 hari sekali seterusnya hingga cabai tidak bertumbuh lagi.
  5. Lakukan penyemprotan pada tanaman sehari setelah cabai dipanen. Penyemprotan dilakukan menggunakan air yang ditambahkan obat anti hama, anti ulat dan yang pasti juga ditambahkan obat penyubur untuk buah cabai.

Sekarang untuk bumbu memasak tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Cukup Anda petik di depan rumah atau dipekarangan rumah tempat untuk meletakkan polybag tersebut. Kalo sudah mulai panen jangan lupa berbagi pada tetangga ya!!! Biar berkah. Sekian pembahasan kami kali ini tentang cara budidaya cabai di polybag, semoga dapat bermanfaat dan menambah sedikit wawasan bagi para pembaca semuanya. Jika anda ingin membaca artikel kami lainnya dapat anda kunjungi blog kami belajar bertanam (dot) com.