Cara Budidaya Kacang Kapri Agar Cepat Menghasilkan

7,398 views

Cara budidaya kacang kapri – Di dalam dunia pertanian, kapri merupakan jenis tanaman yang tidak asing lagi. Kapri adalah jenis tanaman sayuran yang jarang dibudidayakan oleh para petani disebabkan kerumitan dalam pemeliharaan dan juga tidak telitinya para petani ketika pada masa panen, maka dari itu sebenarnya banyak peluang bagi para petani untuk menanam kacang kapri dikarenakan sedikitnya jumlah petani yang berkeinginan untuk budidaya kacang kapri sehingga hal tersebut berpengaruh pada tingginya harga pasar namun sedikitnya barang yang disuplai dari para petani kapri sehingga harga masih tetap stabil.

cara budidaya kacang kapri

Cara budidaya kacang kapri tidaklah sulit, syarat paling utama yaitu yang penting telaten. Kebanyakan orang tidak mau menanam kacang kapri disebabkan tidak telitinya untuk merawat tanaman kapri. Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara budidaya kacang kapri yang mudah dan sederhana.

Langkah-langkah Cara Budidaya Kacang Kapri

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk cara budidaya kacang kapri agar cepat menghasilkan yaitu :

  1. Siapkan bibit benih tanaman kapri, tanaman kapri pada umumnya berasal dari biji kapri yang ditanam secara langsung kedalam media lahan tanah. Pilihlah benih biji kapri yang bagus dan tidak ada cacat sama sekali, karena jika terdapat cacat pada benih kapri maka kapri bisa tidak akan tumbuh.
  2. Pengolahan lahan dengan cara dicangkul dengan kedalaman sekitar 25 cm, atau jika tanah sudah gembur maka langkah yang harus dilakukan ialah tanah diberi lubang dengan kedalaman sekitar 10 cm dan berukuran sekitar kaleng susu biasa.
  3. Masukkan pupuk kandang kedalam lubang yang sudah dipersiapkan dengan berukuran sekitar satu kepal tangan orang dewasa. Atau bisa juga lebih dari takaran satu kepal tangan orang dewasa sesuai dengan situasi tanah yang dijadikan untuk media tanam.
  4. Diatas pupuk kemudian tutuplah menggunakan tanah dengan ketebalan tanah sekitar 5 cm dan jangan dipadatkan agar pada saat kapri mulai bertumbuh bisa dengan mudah untuk bertumbuhnya akar tanaman kapri kedalam tanah dan menjangkau pupuk didalam tanah, sehingga tanaman kapri bisa bertumbuh dengan baik.
  5. Setelah tanah menutup permukaan pupuk kandang dengan merata maka perlu dilakukan pelubangan pada tanah menggunakan jari tangan orang dewasa, dengan kedalaman sekitar 3 cm hingga 5 cm. Lubang tersebut dibuat untuk tempat bibit biji kapri ditanam.
  6. Masukkan bibit biji kapri kedalam lubang yang sudah dipersiapkan dengan sebanyak 3 biji atau 4 biji. Jumlah tersebut pas untuk pertumbuhan tanaman kapri dalam 1 lubang atau 1 media tanam sehingga tidak kekuranngan ataupun berlebihan sehingga tanaman kapri dapat bertumbuh dengan baik.
  7. Tutup kembali biji yang sudah dimasukkan kedalam lubang menggunakan tanah sekitar 2 cm sampai 3 cm, penutupan tanah sebaiknya jangan dipadatkan namun cukup diratakan saja.

Perawatan Kacang Kapri

Setelah langkah-langkah pada diatas sudah selesai maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu cukup dengan menunggu biji kapri bertumbuh, pada umumnya biji kapri akan bertumbuh kurang lebih pada usia sekitar 1 minggu. Setelah tanaman kapri mulai bertumbuh, yaitu langkah selanjutnya adalah pemberian obat-obatan atau bisa juga diberi pupuk KCL.

Pemberian pupuk KCL sebaiknya pada usia disekitar 2 minggu hingga 3 minggu dan pemberian pupuk KCL jangan terlalu dekat dengan tanaman yaitu disekitar jarak 4 cm sampai 5 cm dari tanaman. Hal itu dilakukan agar tanaman tidak mati karena merasa kepanasan yaitu efek samping dari pupuk KCL tersebut pada saat pupuk mulai mencair dan menyebar ke akar tanaman.

cara budidaya kacang kapri

Selain itu tanaman kapri juga di beri tiyang penyangga yang di beri tali pengait dari satu tiyang penyangga ke tiyang penyangga lainnya untuk media bertumbub dan merambatnya tanaman kapri. Setelah itu tunggu tanaman kapri hingga berusia 45 hari maka kapri siap untuk dipanen dan berselang lima hari berikutnya dipanen secara berskala dan berurutan. Cukup sekian ulasan tentang budidaya kacang kapri dari saya, semoga selalu bermanfaat bagi Anda semua.

Demikianlah sedikit pembahasan kami tentang cara budidaya kacang kapri agar cepat menghasilkan, semoga dapat berguna, bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca semua, khususnya para petani indonesia. Apabila anda ingin membaca artikel kami lainnya dapat anda baca disini. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu buat anda.