Cara Membuat Bibit Cabe Unggul Ke Dalam Pot Plastik

6,387 views

Cara Membuat Bibit Cabe Unggul Ke Dalam Pot – Cabe adalah tanaman yang pertumbuhannya tidak pasti, sulit di prediksi dan gampang terserang penyakit. Karena tanaman cabe sangat sensitif terhadap cuaca di sekitar apalagi cuaca di akhir-akhir zaman seperti. Tanaman cabe harus pas takaran kadar airnya di dalam tanah, tidak boleh terlalu basah ataupun terlalu kering. Contoh jenis penyakit yang sering di derita dari tanaman cabe adalah seperti penyakit busuk batang, pathek, kutu putih (daun putih/keputihan) atau penyakit busuk buah.

Maka dari itu agar mendapatkan Bibit Cabe yang bagus pastinya harus berasal dari media yang bagus juga. Salah satunya yaitu pot, pot ini hanya untuk menumbuhkan bibit cabe. Bibit cabe yang berasal dari buah atau biji cabe yang sudah di keringkan akan di proses menggukan bibit cabe tersebut agar tumbuh menjadi bahan pohon cabe, tetapi sebelum kita membahas tentang prosesnya mari terlebih dahulu kita simak pengertian dari pot itu apa.

cara membuat bibit cabe unggul

Pot adalah media untuk menumbuhkan bibit cabe yang hasilnya paling bagus untuk mendapatkan bibit yang bagus dari pada menumbuhkan bibit cabe dengan cara di tabur dan kemudian setelah tumbuh bibitnya di cabut untuk memindahkan ke media tanam, cara ini resikonya lebih besar karena pada saat mencabut bibit cabe akan membuat akar putus sehingga pertumbuhannya tidak baik atau akan mati. Sedangkan jika menumbuhkan bibit cabe dengan media pot seperti ini maka resikonya akan lebih kecil, dikarenakan untuk memindahkan bibit cabe yaitu dengan cara merobek plastik pot sehingga tidak akan merusak akar bibit cabe tersebut.

Proses Cara Membuat Bibit Cabe Unggul Ke Dalam Pot

Berikut ini merupakan langkah dan beberapa bahan yang harus di siapkan atau yang dibutuhkan untuk cara membuat bibit unggul cabe dalam pot yaitu :

A. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :

  1. Plastik Pot, Anda bisa mendapatkan plastik Pot ini di toko-toko pertanian, siapkan plastik pot yang ukurannya paling kecil.
  2. Tanah, adalah media paling utama untuk pohon cabe bertumbuh. Pilihlah tanah yang subur/gembur, karena akan berpengaruh pada pertumbuhan bibit cabe tersebut.
  3. Pupuk Kandang, bisa menggunakan pupuk dari kandang sapi/kambing/ayam.
  4. Pupuk Urea/Pestisida, pilihlah pupuk yang berwarna hitam.
  5. Bibit Cabe, bisa buat sendiri dari buah cabe/biji cabe yang sudah di keringkan, atau bisa juga beli di toko pertanian.

B. Cara pembuatan media tanam dalam pot

Setelah bahan-bahan tersebut siap, maka langkah-langkah yang harus kita lakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal yaitu:

  1. Campur tanah sebanyak 10 ember cat ukuran besar dengan pupuk kandang 1 ember cat ukuran besar dan 1kg pupuk urea.
  2. Setelah semuanya tercampur, kemudian saring/ayak bahan tersebut dengan ukuran lubang ayakan kurang lebih 1cm agar mendapatkan campuran yang lembut dan maksimal.
  3. Masukkan campuran tanah yang sudah lembut ke dalam plastik pot, cukup di masukkan saja tidak usah di padatkan. Karena jika di padatkan akan membuat akar bibit cabe sulit untuk bertumbuh atau bibit akan mati.
  4. Sekarang pot sudah siap untuk di gunakan sebagai media tumbuh bibit cabe. Untuk awal peletakan bibit di pot, sebaiknya pot di siram air terlebih dahulu agar tanah di dalam pot menjadi basah sehingga bibit bisa dapat tumbuh dengan maksimal.

cara membuat bibit cabe unggul

Demikianlah sedikit pembahasan kali ini tentang cara membuat bibit cabe unggul dalam pot, sampai berjumpa kembali di pembahasan artikel kami lainnya. Nah bagi anda yang masih ingin membaca artikel kami lainnya silahkan anda lihat disini. Semoga artikel-artikel kami dapat memberikan manfaat bagi dan menambah sedikit pengetahuan bagi anda dan apabila ada kalimat kami yang masih acak-acakkan harap dimaklumi ya. Terima kasih salam sukses selalu untuk anda.