Cara Menanam Benih Cabe Agar Cepat Tumbuh

Posted on 54,863 views

Cara Menanam Benih Cabe Agar Cepat Tumbuh – Cabe merupakan jenis tanaman yang banyak diminati oleh para petani tanaman masa sekarang. Pada masa sekarang tanaman cabe merupakan tanaman yang bisa diandalkan sebagai media untuk menumbuhkan perekonomian para petani. Karena menanam cabe bagi para petani adalah merupakan ladang bisnis yang menjanjikan. Sekarang sudah banyak petani yang hidupnya makmur karena berawal dari menanam tanaman cabe. Bahkan sudah banyak petani yang beralih kepada tanaman cabe.

Tanaman cabe terdapat banyak macam jenis nya yaitu: cabe keriting, cabe merah, cabe rawit, cabe sayur, cabe lalapan dan cabe hibrida. Untuk proses perawatan cabe ialah pada umumnya sama namun yang membedakan adalah pertumbuhan pada setiap tanaman cabe. Setiap tanaman cabe memiliki proses pertumbuhan tersendiri yaitu mulai dari proses pertumbuhan saat pada masa proses penyemaian.

cara menanam bibit cabe

saat proses pertumbuhan hingga berbuah dan juga masa atau berapa kali setiap setiap cabe akan habis untuk di panen, itu semua lah yang membedakan dari setiap tanaman cabe. Persamaan tanaman cabe ialah dari proses pengolahan lahan, perawatan dan juga cara pemanenan.

Ada banyak macam media lahan untuk menanam tanaman cabe yaitu menggunakan lahan bedengan, polybag, pekarangan rumah, kebun, hidroponik dan juga media pot untuk kebutuhan memenuhi dapur setiap harinya. Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan tentang cara menanam benih cabe karena banyaknya petani yang belum memahami dan menguasai proses menanam benih cabe hingga menjadi bibit cabe yang siap untuk ditanam pada media lahan apapun.

Macam-macam Cara Menanam Benih Cabe

Untuk cara menanam benih cabe ada 2 macam cara yaitu bisa dengan cara ditabur atau dengan cara menggunakan media pot bibit. Namun agar dapat menghasilkan bibit cabe yang bagus alangkah baiknya menanam benih cabe menggunakan media pot bibit.

cara menanam benih cabe

Cara menanam benih cabe dengan cara ditabur akan memiliki resiko yang besar karena pada saat bibit cabe akan ditanam maka bibit cabe dicabut dari media penyemaian, pada saat pencabutan tersebut maka akar pada bibit memiliki resiko yaitu akan terputus pada saat proses pencabutan. Namun jika penanaman benih cabe dilakukan menggunakan media pot bibit maka bibit cabe tidak memiliki resiko.

Langkah-langkah Cara Menanam Benih Cabe menggunakan media POT

Berikut ini merupakan tahap-tahapan yang harus dikerjakan sebelum melakukan praktek cara menanam benih cabe menggunakan media pot bibit:

A. Pemilihan Benih Cabe

  1. Benih cabe dipilih dari cabe yang sudah matang pada pohonnya. Ciri-ciri cabe yang sudah matang pada pohonnya adalah cabe berwarna merah saat masih di pohon.
  2. Belah kulit cabe dan pisahkan benih cabe dari dari kulitnya.
  3. Kupas 1 siung bawang putih kedalam air biasa kemudian aduk hingga rata.
  4. Masukkan benih cabe yang sudah dipisahkan dari kulitnya kedalam air yang sudah dicampur dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Kemudian rendam selama kurang lebih 1 malam.
  5. Pisahkan benih cabe yang terapung dan yang masih tenggelam. Yang digunakan adalah benih cabe yang tenggelam, kemudian tiriskan dan jemur dibawah terik sinar matahari secara langsung. Proses penjemuran bisa mencapai beberapa hari hingga benih benar-benar kering dengan sempurna.

B. Pembuatan Pot Bibit

Untuk membuat pot bibit ada berbagai langkah yang harus dilakukan yaitu:

  1. Campurkan bahan-bahan seperti tanah, pupuk kandang atau pupuk urea dan pupuk KCL. Perbandingan untuk bahan-bahan tersebut adalah tanah 10: pupuk kandang atau pupuk urea 2: pupuk KCL 1.
  2. Semua bahan-bahan tersebut dicampur dengan rata dan kemudian disaring menggunakan ayakan atau bisa juga dibuat sendiri menggunakan strimin yang berukuran 0,5cm.
  3. Masukkan tanah kedalam plastik bibit pot, cara memasukkan yaitu seperti ditaburkan kedalam plastik tersebut dan tidak perlu dipadatkan. Karena jika tanah didalam pot padat maka pertumbuhan bibit tidak akan maksimal. Setelah itu siapkan dan tata secara rapi kedalam wadah yang sudah dipersiapkan.

C. Penyemaian

Setelah semuanya dipersiapkan maka langkah selanjutnya yaitu dilakukan penyemaian, untuk proses penyemaian juga tidaklah mudah karena membutuhkan ketelitian dan terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam proses penyemaian benih cabe:

  1. Pot bibit yang sudah dipersiapkan sebaiknya disiram terlebih dahulu menggunakan air biasa agar tanah menjadi basah. Pastikan tanah didalam pot bibit benar-benar basah dengan merata.
  2. Masukkan benih cabe kedalam pot bibit yaitu bisa satu-satu atau jika bibit akan digunakan untuk tanaman sendiri yaitu bisa 2 atau 3 benih setiap pot nya.
  3. Tutup pot yang sudah diberi benih menggunakan dedaunan atau bisa juga menggunakan plastik mulsa. Penutupan tersebut bertujuan agar suhu di dalam pot tetap stabil dan tanah tetap lembab.
  4. Buka tutup sekitar 1 minggu, karena pada sekitar usia 1 minggu maka benih akan mulai bertumbuh.
  5. Setelah benih tumbuh maka perlu dilakukan penyiraman setiap harinya hingga bibit cabe siap untuk ditanam.

Setelah semua proses dalam cara menanam benih cabe dilakukan, maka tunggu usia bibit cabe akan siap ditanam yaitu ketika usia bibit cabe minimal 4 minggu. Sebelum bibit ditanam sebaiknya bibit disiram terlebih dahulu agar tanah menjadi lembab. untuk anda yang ingin membaca artikel kami lainnya silahkah dapat anda baca disini, Selamat mencoba dan semoga sukses!!!