Cara Menanam Biji Cabe Agar Cepat Tumbuh

Posted on 245 views

Cara Menanam Biji Cabe Agar Cepat TumbuhCabe adalah termasuk jenis tanaman sayuran atau bumbu. Cabe biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu agar rasa pada suatu masakan menjadi pedas dan nikmat. Ada berbagai macam manfaat dari cabe yaitu salah satunya adalah dapat menambah nafsu makan. Seseorang yang mengkonsumsi cabe maka nafsu makannya akan meningkat sehingga ingin selalu terus makan. Namun jika berlebihan mengkonsumsi cabe maka dapat menyebabkan asam lambung yang tidak stabil. Karena pada dasarnya sesuatu yang berlebihan itu akan tidak baik. Di dalam cabe juga terdapat kandungan vitamin C, kandungan vitamin C tersebut dapat mengobati sariawan. Namun kebanyakan orang tidak akan betah menahan rasa sakit pada sariawan yang terkena rasa pedas dari cabe, namun perlu Anda tahu bahwa dari kandungan pedas tersebut lah yang berguna untuk mengobati sariawan. Bahkan jika Anda kuat menahannya maka setelah itu rasa sakit pada sariawan akan langsung seketika berkurang.

Cara Menanam Biji Cabe
Image source: greenmylife.in

Cabe merupakan jenis sayuran yang banyak peminatnya, berapapun tersedianya cabe pasti bakal selalu terjual karena cabe merupakan bahan pokok untuk kebutuhan sehari hari. Permintaan cabe dalam setiap harinya adalah sangat tinggi akan tetapi terkadang harga cabe akan menurun ketika jumlah atau suplai cabe yang berasal dari petani saat meningkat. Potensi utama yang dapat menaikkan harga cabe adalah disebabkan oleh cuaca yang ekstrim, ketika cuaca ekstrim maka stok cabe dari petani akan menurun yang disebabkan oleh penyakit pada tanaman cabe. Penyakit yang selalu menyerang tanaman cabe dan ditakuti oleh para petani ialah busuk batang dan pathek. Kedua jenis penyakit tersebut hingga kini sulit untuk diatasi. Obat yang terdapat pada pasaran adalah jenis obat untuk hama dan juga obat sebagai penyubur tanaman.

Image source: greenmylife.in

Kebanyakan petani untuk mengurangi resiko kerugian pada tanaman cabe ialah dengan cara menanam biji cabe untuk dijadikan bibit cabe bahkan sekarang menjamur tempat pembibitan tanaman cabe. Cara menanam biji cabe tidaklah rumit prosesnya namun banyak orang orang yang enggan menanam biji cabe sendiri karena membutuhkan ketelitian untuk proses penanamannya. Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan tentang cara menanam biji cabe yang baik dan benar hingga siap untuk ditanam. Simaklah ulasan tentang cara menanam biji cabe berikut ini:

Baca juga : Cara menaman cabe agar cepat tumbuh

Langkah-langkah dan Cara Menanam Biji Cabe Agar Cepat Tumbuh

1. Pemilihan Cabe

Langkah paling utama dan pokok dalam cara menanam biji cabe adalah pemilihan biji cabe terlebih dahulu. Biji cabe dipilih dari cabe yang sudah matang pada pohonnya dan sudah kering. Proses untuk mendapatkan biji cabe tersebut adalah:

a. Pilihlah cabe yang sudah matang dan merah pada pohon pohonnya.
b. Pisahkan biji cabe dari kulitnya dengan cara dibelah dan keluarka biji cabe dari kulitnya.
c. Haluskan 1 siung bawang putih kemudian campur dengan air biasa.
d. Masukkan biji cabe yang sudah terpisah dari kulitnya ke dalam air yang sudah dicampur dengan bawang putih yang sudah dihaluskan.
e. Rendam cabe tersebut sekitar 1 malam.
f. Pisahkan biji cabe yang mengapung dan tiriskan biji cabe yang masih tenggelam.
g. Kemudian jemur biji cabe yang sudah ditiriskan hingga benar-benar kering. Penjemuran bisa membutuhkan hingga waktu berhari hari. Pastikan bahwa biji cabe benar-kering agar biji cabe dapat bertumbuh dengan maksimal.

2. Penyemaian

Banyak orang malas melakukan penyemaian biji cabe agar menjadi bibit cabe, karena membutuhkan proses yang sangat teliti. Namun saya akan memberikan ulasan tentang cara menanam biji cabe yang mudah dan simpel. Simakalah ulasan berikut ini:

a. Siapkan pot bibit cabe, yaitu pot yang berukuran kecil khusus untuk media penyemaian. Tentunya Anda sudah tahu tentang pot bibit yang saya maksud.
b. Siram terlebih dahulu pot bibit menggunakan air biasa hingga rata. Penyiraman sebaiknya jangan terlalu banyak atau becek.
c. Masukkan biji cabe yang sudah disiapkan pada keterangan di atas tadi, setiap 1 pot bibit cukup diberikan 1 biji atau 2 biji saja.
d. Langkah selanjutnya yaitu tutup menggunakan dedaunan atau plastik mulsa, posisi plastik yang hitam didalam dan yang silver diluar.
e. Tunggu hingga 1 minggu maka biji cabe akan mulai bertumbuh.
f. Setelah biji cabe mulai bertumbuh maka dilakukan penyiraman pada bibit yaitu setiap pagi dan sore hari. Proses penyiraman sebaiknya jangan terlalu banyak agar tanah didalam pot tidak terlalu becek sehingga bibit cabe tidak membusuk.
g. Lakukan penyiraman secara terus menerus hingga bibit cabe siap untuk ditanam. Pada umumnya usia bibit cabe yang sudah siap untuk ditanam yaitu minimal 4 minggu atau minimal tumbuh daun 6 lembar.

Setelah itu maka dilakukan penyiramam terus menerus hingga bibit ditanam. Bagaimana? Cukup mudah bukan cara menanam biji cabe agar menjadi bibit yang siap tanam. Jadi buat apa beli bibit yang sudah siap untuk ditanam padahal Anda sudah mengetahui proses cara menanam biji cabe hingga menjadi bibit siap tanam. Bahkan cara tersebut dapat memangkas dan menghemat pengeluaran anda. untuk koleksi artikel kami lainnya dapat anda lihat diwebsite kami di www.belajarbertanam.com. Terima kasih telah mampir ke website kami semoga dapat memberikan manfaat dan tambahan wawasan bagi anda para pembaca.