Cara Menanam Biji Tembakau Agar Cepat Tumbuh Subur

Posted on 252 views

Cara Menanam Biji Tembakau – Sebelum kita membahas tentang cara menanam biji tembakau, mari kita simak ulasan pengertian dari tanaman tembakau itu apa?. Tembakau adalah jenis tanaman dedaunan yang proses penanamannya berasal dari biji hingga berdaun lebat. Tanaman tembakau di maanfaatkan atau dipanen daunnya, karena tanaman tembakau ini tidak berbuah melainkan berdaun dan akan bertumbuh biji saja ketika usia tembakau sudah tua. Akan tetapi banyak petani yang hanya memanfaatkan daun tembakau untuk di jual dipengepul-pengepul sekitar, biasanya petani hanya membutuhkan sedikit tanaman tembakau untuk menuakan tanaman tembakau tersebut agar menghasilkan biji tembakau untuk di tanam di musim berikutnya. Biji di dapat dari tanaman tembaku yang sudah tua dan dalam satu tanaman akan menghasilkan ratusan bahkan sampai ribuan biji tembakau, maka dari itu petani tidak membutuhkan semua tanaman tembaku untuk tumbuh biji melainkan hanya di panen daunnya saja.

Image source:pixabay.com

Jenis tanaman tembakau adalah termasuk jenis tanaman musiman, karena dalam satu tahun hanya ada satu kali musim tanam dan panen. Tanaman tembakau biasanya di tanam disaat musim kemarau, karena pada saat musim kemarau tersebut akan menghasilkan daun yang maksimal akan tetapi untuk awal penanamannya membutuhkan sedikit curah hujan atau sedikit kadar air agar kebutuhan air untuk bibit tembakau terpenuhi. Pada saat panen, tanaman tembakau tidak di panen selaligus melainnya di panen dari bawah yaitu satu atau dua daun, jarak dari panen ke panen alangkah baiknya berjarak minimal 10 hari atau dua minggu, hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil daun yang baik pada saat di proses nanti. Alangkah baiknya jika daun tersisa 4 sampai 6 daun tembakau di diamkan saja, ditunggu hingga daun benar-benar sangat tua. Karena harga jual daun tembakau akan semakin meningkat di tiap panennya tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Baca Juga : Cara menanam tembakau dan perawatannya

Langkah-langkah Cara Menanam Biji Tembakau

Saya kira sudah cukup untuk perkenalannya, selanjutnya mari kita bahas tentang cara menanam biji tembakau. Seperti yang saya jelaskan tadi diatas, biji di dapat dari pohon atau tanaman tembakau tertentu dan biji di dapat dari musim sebelumnya untuk di tanam di musim berikutnya. Hal ini dilakukan agar biji tembakau menjadi kering dan tidak ada kadar airnya sama sekali. Setelah biji sudah siap, berikut adalah proses cara menanam biji tembakau:

  1. Siapkan tempat panggung untuk lahan biji tembakau, tempat lahan tersebut berukuran dengan lebar sekitar 1 meter dan memanjang, jangan lupa di kasih atap yang rapat dan tembus pandang agar kebutuhan sinar matahari terpenuhi. Contohnya menggunakan plastik bening.
  2. Campur tanah dengan pupuk kandang yaitu dengan perbandingan 5:1 agar mendapatkan hasil yang memuaskan.
  3. Setelah campuran tanah dan pupuk kandang tercampur rata, langkah selanjutnya yaitu menaruh tempat panggung yang sudah di buat seperti tadi diatas, dengan ketebalan sekitar 5 cm sampai 10 cm.
  4. Tanah disiram dengan air biasa terlebih dahulu agar kadar air di dalam tanah terpenuhi dan tanah menjadi lembab.
  5. Tabur biji tembakau yang sudah di persiapkan dengan merata, sebaiknya jangan terlalu banyak agar pertumbuhan bibit dapat maksimal.
  6. Kemudian tutup menggunakan dedaunan agar kelembaban tetap terjaga dan suhu dingin dengan stabil.
  7. Sekitar 10 hari sampai 2 minggu maka harus dibuka karena sekitar usia tersebut biji sudah mulai tumbuh.
  8. Diamkan bibit tembakau bertumbuh terlebih dahulu sampai sekitar usia bibit 3 minggu atau 4 minggu, pada saat proses tersebut jangan lupa untuk dilakukan penyiraman.
  9. Bibit siap untuk di cabut dan di tanam di media lahan selanjutnya.

Tips: Setelah bibit tembakau di cabut untuk ditanam, sebaiknya lahan kembali di taburi biji tembakau agar pertumbuhannya dapat berputar. Hak ini biasanya dilakukan oleh para pengusaha bibit tembakau.

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara menanam bibit tembakau, jika ada salah-salah kata saya mohon maaf. Silahkan kasih masukan Anda di kolom komentar, dan jangan lupa kunjungi ulasan-ulasan tentang cara bertani yang lainnya di website kami belajarbertanam.com. Cukup sekian dan terima kasih, salam bertani dan salam sukses!!!