Cara Menanam Cabe Rawit Di Pekarangan Rumah

Posted on 3,030 views

Cara menanam cabe rawit di pekarangan rumah – Di saat harga cabe mahal mungkin banyak ibu-ibu rumah tangga yang bingung dengan keadaan tersebut. Coba Anda bayangkan! Ketika harga cabe mahal maka harga cabe bisa naik hingga 10 kali lipat. Tentu saja keadaan tersebut membuat ibu-ibu rumah tangga menjerit. Karena di Indonesia cabe merupakan bahan pokok untuk bumbu sebuah masakan atau hidangan. Cabe merupakan bahan pemberi rasa nikmat yang alami.

Cabe dapat meningkatkan nafsu makan pada seseorang yang mengkonsumsinya karena kandungan yang terdapat pada cabe dan juga rasa yang pedas, terutama bagi penggemar rasa pedas tentunya tidak akan merasakan nikmat ketika menyantap sebuah hidangan atau masakan yang kurang pedas dan pastinya masakan akan terasa hambar.

Cara menanam cabe rawit di pekarangan rumah

Perlu Anda ketahui bahwasannya yang mengakibatkan harga cabe meningkat tajam adalah sedikitnya suplai dari petani. Sedikitnya suplai dari petani yaitu biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor contohnya mulai dari musim atau cuaca yang tidak mendukung sehingga selalu gagal di saat proses penanaman.

Selain itu juga disebabkan oleh penyakit yang menyerang pada tanaman yaitu contohnya penyakit yang selalu ada adalah busuk batang, pathek dan juga bule. Akibat beberapa faktor tersebut maka menyebabkan gagal panen sehingga suplai cabe dari petani berkurang.

Maka dari itu dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan tentang cara menanam cabe rawit di pekarangan rumah agar anda terutama bagi penikmat masakan pedas tidak bingung ketika harga cabe meningkat tajam.

langkah-langkah Cara Menanam Cabe Rawit Di Pekarangan Rumah

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan jika anda ingin menanam cabe rawit dengan menggunakan lahan pekarangan rumah yaitu :

A. Penyemaian

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses penyemaian adalah mempersiapkan pot bibit terlebih dahulu. Pot bibit ini berguna sebagai media penyemaian.
  2. Siram pot bibit terlebih dahulu agar tanah menjadi basah atau lembab.
  3. Masukkan benih cabe kedalam pot bibit yang sudah dipersiapkan.
  4. Tutup pot bibit menggunakan dedaunan atau bisa juga menggunakan plastik mulsa. Penutupan dilakukan sekitar 1 minggu maka benih cabe akan mulai bertumbuh.
  5. Setelah benih cabe sudah mulai bertumbuh maka dilakukan penyiraman setiap harinya hingga bibit cabe siap untuk ditanam. Bibit cabe akan siap ditanam dengan minimal usia 1 bulan.

B. Pengolahan Tanah

  1. Tanah di olah dengan cara di beri lubang sekitar 50 cm persegi, proses tersebut dilakukan karena biasanya tanah pada pekarangan rumah tidak gembur atau humus. Namun jika tanah pada pekarangan Anda sudah gembur atau subur maka cukup Anda membuat lubang sekitar 10 cm persegi.
  2. Masukkan pupuk kandang kedalam lubang yang sudah dibuat yaitu secukupnya sesuai dengan ukuran lubang yang sudah dibuat.
  3. Tutup kembali lubang menggunakan tanah dengan ketebalan sekitar 5 cm.

C. Penanaman

  1. Sebelum dilakukan proses penanaman maka langkah pertama yaitu dilakukan penyiraman terlebih dahulu terhadap tanah yang sudah diolah seperti keterangan diatas. Penyiraman dilakukan menggunakan tanah biasa dan dipastikan air meresap kedalam tanah.
  2. Buatlah lubang kecil pada lahan tanah untuk media penanaman.
  3. Buka plastik pada pot bibit terlebih dahulu dan lepaskan, kemudian tanam bibit dan pastikan bibit benar-benar berdiri dengan tegak.

D. Perawatan

Untuk proses perawatan pada tanaman cabe memiliki beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Saat usia tanaman cabe sekitar 2 minggu maka siramlah tanah sekitar tanaman menggunakan beberapa campuran yaitu: pupuk kompos, TSP, KCL dan air. Penyiraman dilakukan secara rutin yaitu dengan jarak 2 minggu sekali hingga cabe mulai bertumbuh bunga.
  2. Berikan ajir pada sisi tanaman cabe saat usia tanaman cabe sekitar 2 bulan. Ajir berguna sebagai tiyang penyangga tanaman cabe agar cabe tidak ambruk saat berbuah atau ada angin kencang.
  3. Ketika tanaman cabe sudah mulai bertumbuh bunga maka tanaman cabe perlu dilakukan penyemprotan, penyemprotan menggunakan air yang sudah dicampur dengan obat anti hama dan obat penyubur buah cabe.

Cara menanam cabe rawit di pekarangan rumah

E. Proses Panen

Untuk proses panen cabe dapat dilakukan berulang-ulang dan proses penyiraman dapat dilakukan setiap 1 minggu sekali. Berbeda dengan budidaya cabe selain rumahan maka panen cabe dapat setiap 5 hari sekali dan proses penyemprotan dilakukan setiap pagi satu hari setelah pemanenan.

Cukup sekian sedikit pembahasan kami tentang cara menanam cabe rawit di pekarangan rumah semoga selalu bermanfaat bagi Anda pembaca dimanapum berada. Dan semoga masalah ketika harga cabe mahal dapat di antisipasi oleh anda. untuk anda yang ingin membaca artikel kami lainnya silahkah kunjungi website kami belajar bertanam (dot) com. Terima kasih semoga dapat bermanfaat