Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag Agar Berbuah Lebat

Posted on 715 views

Cara menanam cabe rawit di polybagCabe rawit merupakan bahan pokok untuk memasak. Cabe rawit digemari bagi kalangan pecinta masakan pedas, rasa pedas dari cabe rawit mempunyai ciri khas dan pas pada penikmat rasa pedas. Begitupun saya juga termasuk penikmat masakan pedas. Rasa pedas yang dikeluarkan dari cabe rawit berbeda dengan rasa pedas dari cabe yang lainnya, rasa pedas dari cabe rawit sangat pas saat didalam mulut dan juga aromanya yang menjadi lebih tambah nikmat.

Imagae source:ptnasa.net

Selain itu, cabe rawit juga termasuk cabe yang harganya mahal. Coba Anda bayangkan! Pada saat harga cabe naik tajam dan harga cabai bisa naik hingga 10 kali lipatnya. Tentu yang diuntungkan adalah petani dan para tengkulak, namun justru para konsumen akan menjerit. Untuk itu dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan tentang cara menanam cabe rawit di polybag agar Anda bisa menghemat biaya pada saat harga cabe rawit melambung naik dan sangat mahal.

Langkah-langkah Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag

Untuk dapat menghasilkan tanaman cabe rawit di poliybag yang subur dan berbuah lebat, lakukanlah beberapa langkah-langkah berikut ini :

1. Penyemaian

  1. Untuk proses penyemaian sebaiknya Anda pilih cabe yang matang atau merah langsung dari pohonnya agar anda dapat memastikan kalau cabe benar-benar merah dari pohon.
  2. Belah cabe kemudian pisahkan bijinya dari kulit cabe.
  3. Haluskan bawang putih kemudian masukkan kedalam air dan aduk hingga merata.
  4. Masukkan biji cabe yang sudah dicampur dengan bawang putih halus.
  5. Rendam biji cabe dalam waktu sekitar 1 malam.
  6. Pisahkan diantara biji cabe yang tenggelam dan yang mengapung, biji cabe yang tenggelam adalah biji cabe yang digunakan.
  7. Jemur biji cabe dibawah sinar matahari secara langsung. Penjemuran bisa membutuhkan hingga waktu berhari-hari.

2. Pengolahan Tanah atau Polybag

  1. Campurkan tanah dengan pupuk kandang atau urea dengan perbandingan 1:1, pada setiap satu polybag sebaiknya ditambahkan satu sendok makan pupuk KCL.
  2. Masukkan tanah yang sudah dicampur dengan rata kedalam polybag, tanah di dalam polybag tidak perlu dipadatkan agar tanah tetap gembur.
  3. Sebelum proses penanaman sebaiknya tanah pada polybag dilakukan penyiraman terlebih dahulu menggunakan air biasa. Penyiraman hanya secukupnya saja tidak perlu terlalu basah atau becek. Sekarang polybag sudah siap untuk ditanami.

3. Penanaman

Untuk proses cara menanam cabe rawit di polybag tidaklah rumit, hampir sama dengan cara menanam cabe rawit pada media yang lainnya, yaitu:

  1. Pilihlah bibit yang sudah siap untuk ditanam yaitu berusia minimal 4 minggu dari penyemaian. Dan juga berdaun minimal 4 lembar.
  2. Buatlah lubang pada tanah didalam polybag untuk lubang penanaman.
  3. Buka plastik pot pada bibit cabe yaitu dengan cara merobek plastik dan ambil plastik dari bibit cabe.
  4. Masukkan akar bibit cabe kedalam lubang yang sudah dibuat seperti pada keterangan diatas tadi.

4. Perawatan

Setelah proses penanaman maka langkah selanjutnya yaitu proses perawatan. Untuk proses perawatan dalam cara menanam cabe rawit di polybag tidaklah rumit yaitu sangat mudah dan juga simpel. Berikut adalah langkah-langkah dalam cara perawatannya:

  1. Setelah usia tanaman cabe sekitar 1 minggu maka perlu diberikan ajir atau lanjaran. Ajir ditancapkan pada sisi tanaman di polybag yaitu sebagai penopang agar tanaman cabe tidak roboh.
  2. Pada usia tanaman sekitar 2 minggu maka perlu dilakukan pengecoran atau penyiraman. Pengecoran dilakukan menggunakan air yang ditambahkan pupuk kandang, TSP, KCL dan juga pupuk urea. Penyiraman dilakukan secara rutin yaitu dengan jarak sekitar 2 minggu sekali.
  3. Saat usia tanaman cabe sekitar 1 bulan maka langkah selanjutnya yaitu kaitkan tanaman dengan ajir atau lanjaran yang sudah dipasang menggunakan tali, tali bisa terbuat dari rafia atau tali khusus yang di jual di toko pertanian.
  4. Setelah tanaman cabe sudah mulai bertumbuh bunga alangkah baiknya dilakukan penyemprotan menggunakan obat anti hama dan juga obat penyubur khusus buah. Penyemprotan dilakukan secara rutin dengan jangka waktu sekitar satu minggu sekali hingga cabe mulai panen.

Karena ini hanyalah tanaman cabe untuk kebutuhan dapur, maka proses pemanenan dapat dilakukan kapan saja ketika masih terdapat buah cabe yang sudah siap untuk di panen. Namun tetap jangan lupa dilakukan penyemprotan obat anti hama dan obat penyubur buah setiap satu minggu sekali. Cara menanam cabe rawit di polybag memang sangat mudah, sekarang tidak perlu khawatir lagi saat harga cabe mulai menanjak naik dengan harga yang sangat mahal. Dan tentunya Anda tetap dapat menikmati masakan pedas sesuai selera Anda. Jika anda ingin membaca koleksi artikel kami lainnya silahkan kunjungi web kami disini. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Baca juga : Cara menanam cabe rawit di pekarangan rumah