Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar: Tips dan Trik Terbaik

Posted on

Panen dan Pasca Panen

Waktu yang Tepat untuk Panen Jagung

Panen adalah proses mengambil buah tanaman jagung dari lahan. Panen yang tepat bisa mempengaruhi hasil dan kualitas buah tanaman jagung. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan waktu yang tepat untuk panen jagung:

Umur tanaman

Umur tanaman adalah lama waktu tanaman jagung tumbuh dan berbuah di lahan. Umur tanaman yang ideal untuk panen jagung adalah sekitar 90-120 hari setelah tanam, atau sesuai dengan varietasnya. Anda bisa mengukur umur tanaman dengan cara menghitung jumlah hari sejak Anda menanam benih jagung di lahan.

Kondisi buah

Kondisi buah adalah keadaan fisik buah tanaman jagung yang siap dipanen. Kondisi buah yang ideal untuk panen jagung adalah sebagai berikut:

  • Kulit tongkol sudah mengering dan berwarna coklat atau hitam.
  • Rambut tongkol sudah mengering dan berwarna coklat atau hitam.
  • Biji jagung sudah mengeras dan berwarna kuning atau putih.
  • Isi biji jagung sudah kering dan berbentuk seperti gigi kuda.

Tujuan Panen

Tujuan panen adalah alasan Anda memanen tanaman jagung. Tujuan panen bisa mempengaruhi waktu yang tepat untuk panen jagung. Beberapa contoh tujuan panen yang bisa Anda pilih adalah:

  • Panen jagung muda. Panen jagung muda adalah panen yang dilakukan saat buah tanaman jagung masih muda, yaitu sekitar 60-80 hari setelah tanam, atau sesuai dengan varietasnya. Panen jagung muda biasanya dilakukan untuk mendapatkan buah yang manis, lembut, dan segar, yang cocok untuk dikonsumsi langsung atau diolah menjadi makanan ringan.
  • Panen jagung tua. Panen jagung tua adalah panen yang dilakukan saat buah tanaman jagung sudah tua, yaitu sekitar 90-120 hari setelah tanam, atau sesuai dengan varietasnya. Panen jagung tua biasanya dilakukan untuk mendapatkan buah yang kering, keras, dan tahan lama, yang cocok untuk dijadikan bahan pangan, pakan ternak, atau bahan baku industri.
Baca Juga:  Cara Menanam Semangka Bagi Pemula Yang Mudah, Pelajari Teknik Ini

Cara Menyimpan dan Mengolah Jagung Pasca Panen

Pasca panen adalah proses setelah panen jagung dari lahan. Pasca panen yang baik bisa meningkatkan kualitas dan nilai jual jagung. Ini beberapa langkahnya:

Menyortir buah

Pisahkan jagung berdasarkan ukuran, bentuk, warna, atau kesehatan. Ini memudahkan penyimpanan, pengolahan, dan pemasaran jagung. Anda bisa menyortir manual atau pakai alat, seperti ayakan, timbangan, atau mesin sortir.

Menyimpan buah

Simpan jagung agar tetap segar dan awet. Ini mencegah kerusakan, busuk, atau turun kualitas jagung. Cara menyimpannya:

  • Jagung muda. Simpan di tempat sejuk, lembab, dan gelap, seperti kulkas, lemari es, atau ruang pendingin. Bungkus dengan plastik, kertas, atau daun pisang, untuk hindari hilang air dan warna. Simpan 2-3 hari, atau sesuai kondisi.
  • Jagung tua. Simpan di tempat kering, bersih, dan terang, seperti gudang, lumbung, atau rak. Keringkan dengan sinar matahari, oven, atau mesin pengering, untuk hindari jamur dan hama. Simpan 6-12 bulan, atau sesuai kondisi.

Mengolah buah

Ubah jagung menjadi produk yang lebih bernilai, baik ekonomi maupun gizi. Ini meningkatkan aneka ragam, kreativitas, dan kesejahteraan masyarakat. Cara mengolahnya:

  • Jagung muda. Konsumsi langsung atau olah jadi makanan ringan, seperti jagung rebus, jagung bakar, jagung manis, atau popcorn. Awetkan dengan garam, gula, asam, atau pengawet, untuk buat acar, selai, atau saus jagung.
  • Jagung tua. Olah jadi bahan pangan, seperti tepung jagung, jagung pipil, jagung giling, atau jagung fermentasi. Olah jadi pakan ternak, seperti silase, konsentrat, atau pakan komplit. Olah jadi bahan baku industri, seperti biofuel, bioplastik, atau biogas.

Kesimpulan

Ringkasan Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar

Dari artikel di atas, Anda bisa mengetahui cara menanam jagung agar buahnya besar dengan tips dan trik terbaik. Berikut adalah ringkasan dari cara menanam jagung agar buahnya besar:

  • Memilih varietas jagung yang sesuai dengan tujuan panen, kondisi lahan, dan ketersediaan benih. Varietas jagung yang terkenal memiliki buah yang besar adalah jagung hibrida, jagung manis, dan jagung lokal.
  • Mempersiapkan lahan dengan baik dengan cara membersihkan, membajak, membuat bedengan atau guludan, dan menyiram lahan. Lahan yang ideal untuk tanaman jagung adalah lahan yang subur, lembab, dan terang.
  • Menanam benih jagung dengan cara menyemai, menanam, dan menjaga jarak tanam yang ideal. Jarak tanam yang ideal untuk tanaman jagung adalah sekitar 75-100 cm antara baris, dan sekitar 20-25 cm antara tanaman.
  • Untuk merawat tanaman jagung, lakukan pengairan 2-3 kali seminggu, atau sesuaikan dengan tanah dan iklim. Pemupukan sekitar 200-300 kg/ha untuk anorganik, dan 10-20 ton/ha untuk organik, atau ikuti rekomendasi petugas pertanian. Kendalikan hama dan penyakit secara alami, misalnya dengan pembersihan lahan, rotasi tanaman, perangkap hama, atau pestisida nabati.
  • Untuk memanen jagung, tentukan waktu yang tepat berdasarkan varietas, kondisi buah, dan tujuan panen (jagung muda atau tua). Panen jagung sekitar 90-120 hari setelah tanam. Potong atau petik tongkol dari batangnya, lalu sortir buah yang sehat, utuh, dan bersih. Buang buah yang rusak, cacat, atau kotor.
  • Buah tanaman jagung bisa disimpan dan diolah menjadi produk yang lebih bernilai dengan cara menjaga, mengeringkan, dan mengubahnya. Buah jagung muda disimpan di tempat sejuk, lembab, dan gelap, sedangkan buah jagung tua di tempat kering, bersih, dan terang. Buah jagung dikeringkan dengan sinar matahari, oven, atau mesin pengering untuk mengurangi air dan mencegah busuk. Buah jagung bisa dikonsumsi, diawetkan, atau diolah menjadi bahan pangan, pakan ternak, atau bahan baku industri.
Baca Juga:  Cara Budidaya Terong Ungu Agar Berbuah Lebat

Mengapa Tips dan Trik ini Penting

Dari artikel di atas, Anda juga bisa mengetahui mengapa tips dan trik ini penting untuk Anda lakukan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa tips dan trik ini penting:

  • Tips dan trik ini bisa membantu Anda menanam jagung dengan cara yang mudah, murah, dan efektif. Anda bisa menanam jagung dengan menggunakan benih, lahan, dan alat yang tersedia di sekitar Anda, tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar atau menghadapi kesulitan yang berarti.
  • Tips dan trik ini bisa membantu Anda menanam jagung dengan cara yang ramah lingkungan dan sehat. Anda bisa menanam jagung dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan Anda, seperti pupuk organik, pestisida nabati, atau rotasi tanaman, tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa mencemari atau merusak lingkungan dan kesehatan Anda.
  • Tips dan trik ini bisa membantu Anda menanam jagung dengan cara yang produktif dan berkualitas. Anda bisa menanam jagung dengan mendapatkan hasil dan kualitas buah yang optimal, yaitu buah yang besar, banyak, dan baik, yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda, baik sebagai bahan pangan, pakan ternak, atau bahan baku industri.

Demikianlah artikel tentang cara menanam jagung agar buahnya besar dengan tips dan trik terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menanam jagung di lahan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *