Cara Menanam Kacang Panjang Di Pekarangan Rumah

3,459 views

Cara menanam kacang panjang di pekarangan rumah – Kacang panjang merupakan jenis tanaman sayuran kacang-kacangan dan juga berbiji, tanaman jenis kacang panjang dapat hidup dimana saja asalkan yang paling penting adalah kebutuhan air nya di dalam tanah terpenuhi dan tidak berlebihan sehingga tanaman kacang panjang tidak akan membusuk. Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan bagaimana caranya menanam kacang panjang di pekarangan rumah yang baik dan benar, tentu juga saya akan memberi ulasan yang sangat sederhana.

Cara menanam kacang panjang

Menanam kacang panjang di pekarangan rumah merupakan keputusan yang baik untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang tidak terpakai dan dari pada pekarangan rumah nganggur tidak terpakai lebih baik digunakan untuk menanam tanaman yang berguna misalnya sayuran. Contoh sayuran yang dapan dimanfaatkan dipekarangan rumah adalah tanaman kacang pajang, karena kacang panjang sangan mudah proses menanam nya dan juga perawatannya. Anda tidak usah khawatir karena untuk kali ini saya akan memberi ulasan tentang cara menanam kacang panjang di pekarangan rumah.

Panduan Cara Menanam Kacang Panjang Di Pekarangan Rumah

Berikut ini adalah langkah-langkah dan tata cara yang harus anda diperhatikan dan anda lakukan jika anda ingin menanam kacang panjang di pekarangan rumah antara lain sebagai berikut :

A. Pengolahan Lahan Tanam

  1. Buat lahan dengan cara mencangkul tanah sedalam 25 cm, tujuan mencangkul ialah agar tanah menjadi gembur.
  2. Buatlah lubang pada lahan yang sudah di cangkul dengan kedalaman sekitar 10 cm. Pelubangan tersebut bertujuan untuk tempat peletakan pupuk dan juga tempat bertanam nantinya.
  3. Setelah lubang jadi, maka langkah selanjutnya yaitu pada lubang dimasukkan pupuk kandang minimal dua kepal tangan orang dewasa.
  4. Diatas pupuk kandang bisa juga ditambahkan pupuk KCL yang berwarna hitam dan putih. Sebaiknya pupuk hitam dan pupuk putih dicampur terlebih dahulu hingga merata kemudian pupuk KCL tersebut digunakan atau disebar diatas pupuk kandang dan jangan terlalu banyak yaitu sekitar 1 sendok makan, karena jika terlalu banyak maka justru akan meracuni tanaman itu sendiri.
  5. Sebelum proses penanaman bibit biji kacang panjang yaitu dilakukan penutupan menggunakan tanah terlebih dahulu diatas pupuk yang tadi sudah dimasukkan kedalam lubang. Penutupan pada tanah tersebut yaitu dengan ketebalan sekitar 3 cm dan jangan terlalu tebal.
  6. Setelah penutupan pupuk sudah selesai maka langkah selanjutnya yaitu dilakukan pelubangan pada tanah tersebut yaitu dengan kedalaman sekitar 2 cm dan pelubangan cukup menggunakan jari tangan orang dewasa. Lubang tersebut digunakan untuk tempat peletakan bibit biji kacang panjang yang akan ditanam.

B. Penanaman Bibit Kacang Panjang

  1. Kemudian masukkan bibit biji kacang panjang kedalam lubang yang sudah di buat, yaitu dalam satu lubang cukup dikasih 3 biji atau 4 biji. Sebaiknya dalam penanaman bibit biji jangan terlalu banyak karena bisa mengakibatkan pertumbuhan tanaman tidak sempurna dikarenakan tanaman berebut sari-sari yang akan diserap dari dalam tanah.
  2. Tutup kembali lubang tanaman yang sudah terisi bibit yaitu dengan ketebalan sekitar 1 cm hingga 2 cm. Penutupan tersebut jangan terlalu tebal karena akan mengakibatkan pertumbuhan biji tidak sempurna dan susah untuk bertumbuh.

Setelah penutupan menggunakan tanah sudah selesai maka tunggulah hingga waktu sekitar 1 minggu maka biji akan mulai bertumbuh. Jika dalam waktu lebih dari 1 minggu masih ada bibit biji kacang panjang yang tidak tumbuh kemungkinan cara menanam kacang panjang tersebut gagal atau biji tersebut memang tidak bisa bertumbuh, jika hal tersebut benar-benar terjadi maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu penyusulan dengan menanam bibit biji kacang panjang kembali kedalam lubang yang sama. Hal tersebut bertujuan untuk melengkapi lahan yang tidak ditumbuhi oleh tanaman kacang panjang.

C. Perawatan Kacang Panjang

Dalam mempraktekkan cara menanam kacang panjang di pekarangan rumah tidaklah rumit sehingga kita bisa selalu dapat memantau pertumbuhan tanaman setiap hari, sehingga tanamam juga bisa selalu terawat. Selain untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang tidak terpakai, hal tersebut juga berguna untuk menghijaukan suasana rumah sehingga udara di sekitar rumah dalam kondisi yang selalu segar. Setelah biji kacang panjang sudah tumbuh maka langkah selanjutnya yaitu dilakukan perawatan. Perawatannya meliputi berapa hal berikut ini:

  1. Pada usia tanaman kacang panjang sekitar 20 hari maka dilakukan penyiraman agar tidak ada hama yang menyerang tanaman dan selalu terpenuhi kadar airnya didalam tanah.
  2. Setelah itu kemudian tanaman di beri penyangga atau lanjaran, lanjaran ditancapkan disekitar tanaman kacang panjang agar bisa digunakan sebagai media merambat tanaman kacang panjang.

D. Masa Panen Kacang Panjang

Pada usia di sekitar 35 hari biasanya tanaman kacang panjang sudah mulai bertumbuh bunga dan bunga tersebut akan berubah menjadi kacang panjang yang nantinya siap untuk dipanen. Kacang panjang akan siap panen pada sekitar usia tanaman 50 hari. Nah cukup sekian pembahasan kali ini tentang cara menanam kacang panjang di pekarangan rumah dari kami, semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, dan jika ingin membaca koleksi artikel kami lainnya tentang seputar pertanian dan perkebunan silahkan kunjungi website kami tutorial tanaman. Terima kasih.