Cara Menanam Loncang Yang Baik Dan Benar Agar Cepat Menghasilkan

18,652 views

Cara menanam loncang yang baik dan benar – Loncang atau bisa disebut juga dengan daun bawang adalah jenis tanaman sayuran dedaunan, loncang (daun bawang) biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu atau pelengkap hidangan pada masakan contohnya yaitu locang diiris tipis-tipis kemudian ditaburkan diatas mie ayam. Namun belum banyak orang yang tahu bahwa sayur loncang (daun bawang) dapat dimanfaatkan sebagai sayur olahan yaitu contohnya seperti oseng-oseng tumis daun bawang, daun bawang dipotong tipis-tipis atau pendek dengan ukuran 1 cm, kemudian dioseng atau tumis dengan bumbu yang sederhana maka daun bawang tumis sudah siap untuk dinikmati. Hemm,,jadi lapar niihhh.

cara menanam loncang yang baik dan benar

Selain itu daun bawang (loncang) juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran bakwan, campuran martabak telur dan masih banyak lainnya yang bisa digunakan dari bahan loncang (daun bawang). Sudahlah jangan bahas makanan terus, jadi laper nih. Selain dapat digunakan sebagai masakan ataupun campuran masakan, loncang (daun bawang) ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai penambah penghasilan yaitu caranya adalah dibudidayakan. Untuk berbudidaya tanaman loncang tidaklah rumit begitupun cara perawatannya juga sangat mudah. Maka dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara menanam loncang yang baik dan benar. Simaklah ulasan tentang cara menanam loncang yang baik dan benar dibawah ini:

Langkah-langkah Cara Menanam Loncang

Berikut ini kami akan menjelaskan bebarapa urutan yang harus ada lakukan jika ingin menanam loncnag yang baik, ikutilah step-step berikut :

A. Mempersiapkan Bibit

Untuk mendapatkan bibit loncang yang paling mudah ialah dari belahan loncang yang beranak. Bibit loncang bisa didapatkan dari anakan tanaman loncang yang sudah terbelah secara alami, caranya belah tanaman loncang yang sudah beranak hingga menjadi satuan bibit loncang kemudian kurangi atau potong sedikit akar pada bibit loncang agar akar pada bibit tidak terlalu lebat. Tenang saja, dengan cara ini tanaman loncang tetap bisa bertumbuh dengan baik kox, untuk itu Anda tidak perlu khawatir.

B. Persiapan Lahan

Untuk menanam loncang atau daun bawang bisa ditanam dimedia lahan manapun, contohnya dilahan bedeng, lahan pot, lahan polybag, pekarangan rumah dan masih banyak yang lainnya. Akan tetapi dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menanam loncang yang baik dan benar dilahan biasa. Simaklah ulasan untuk pengolahan lahan berikut ini:

  1. Cangkul atau gemburkan tanah dengan kedalaman minimal 25 cm. Pencangkulan atau penggemburan tersebut bertujuan agar tanah menjadi subur dan pertumbuhan akar tanaman didalam tanah dapat bertumbuh dengan maksimal.
  2. Setelah penggemburan sudah selesai maka langkah selanjutnya yaitu pembentukan pada lahan. Buatlah lubang pada tanah yang sudah digemburkan dengan kedalaman minimal 10 cm. Pelubangan tersebut bertujuan sebagai wadah pupuk dan tempat untuk bertanam.
  3. Masukkan pupuk kandang sebanyak minimal 1 kepal tangan orang dewasa, pupuk kandang tersebut berguna sebagai dasar media penanaman. Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda dapat menambahkan pupuk urea dan juga pupuk KCL diatas pupuk kandang tersebut.
  4. Tutup kembali lubang yang sudah diberi pupuk menggunakan tanah biasa dengan ketebalan sekitar 3 cm.

C. Penanaman

Sebelum dilakukan cara menanam bawang daun atau loncang ini, maka alangkah baiknya lahan yang sudah diolah disiram menggunakan air biasa terlebih dahulu, penyiraman tersebut bertujuan agar lahan menjadi lembab dan subur. Setelah itu maka langkah penanaman sudah siap dilakukan pada lahan yang sudah diolah tersebut.

cara menanam loncang yang baik dan benar

 

D. Perawatan

Untuk proses perawatan pada tanaman loncang atau daun bawang tidaklah rumit. Silahkan simak tentang cara perawatan tanaman loncang yang baik dan benar dibawah ini:

  1. Pada usia tanaman sudah mencapai 10 hari mak tanaman loncang (daun bawang) tersebut dilakukan penyemprotan, penyemprotan dilakukan menggunakan air yang sudah ditambahkan oleh obat anti hama dan juga bisa ditambahkan obat penyubur.
  2. Penyemprotan dilakukan berulang-ulang dan rutin dengan jarak waktu yaitu 5 hari sekali. Penyemprotan tersebut dilakukan agar tanaman tidak mudah terserang penyakit dan pastinya menjadi subur.
  3. Jika terdapat rumput liyar atau daun yang kering maka sebaiknya segera dilakukan pebersihan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.
  4. Pada usia tanaman sudah mencapai 70 hari maka tanaman loncang atau daun bawang siap untuk dipanen. Cara pemanenan yaitu cukup dilakukan pencabutan secara menyeluruh mulai dari akar tanaman didalam tanah.

Cukup sekian ulasan tentang cara menanam loncang yang baik dan benar dari saya, semoga ulasan ini selalu barmanfaat bagi Anda pecinta bertani dimanapun Anda berada. Jika anda ingin membaca artikel kami lainnya silahkan dapat anda lihat di web kami belajar bertanam (dot) com. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses selalu!!!