Cara Menanam Padi Yang Baik Dan Menguntungkan, Pelajari Metode Ini

Posted on 180 views

Cara menanam padi dari awal sampai panen – pada masa zaman modern saat ini hampir sebagian besar seluruh masyarakat Indonesia mengkonsumsi beras sebagai kebutuhan pokok sehari-hari. Oleh karena itu kebutuhan beras sebagai bahan dasar nasi masih sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Seiring dengan bertambahnya penduduk di negri kita ini berarti peluang untuk budidaya tanaman padi masih terus dan akan selalu menjanjikan karena padi sebagai bahan dasar nasi akan selalu dibutuhkan oleh setiap individu.

Bagi anda ingin mengetahui cara menanam padi yang baik dan benar, untuk dapat menghasilkan panen yang cukup menggembirakan, hendaknya menanam padi dilakukan dengan bersungguh-sungguh, tidak hanya dijadikan sebagai kesibukan sampingan saja. Oleh sebab itu anda harus benar-benar merawat tanaman padi secara maksimal, agar kelak jika telah masa panen dapat menghasilkan panen yang cukup melimpah.

Setelah padi tertanam, biasanya ada sebagian petani khususnya di Jawa sambil menunggu masa panen mereka merantau pergi ke kota untuk bekerja menjadi kuli bangunan selama beberapa bulan. Hal inilah yang biasanya menyebabkan hasil panennya kurang maksimal bahkan akan menyebabkan gagalnya panen, karena tanaman padi yang tidak dirawat dengan baik, biasanya akan timbul hama dan penyakit pada tanaman padi, karena tanaman ini butuh pemupukan dan juga penyemprotan berbagai macam hama yang menyerang pada tanaman padi.

Supaya hasil panen pada tanaman padi dapat berhasil dan melimpah, pelajarilah langkah-langkah cara menanam padi berikut ini dengan serius, langkah-langkahnya yaitu:

A. Pengolahan Tanah

  1. Langkah pertama yakni bersihkan lahan terlebih dahulu dari rumput-rumputan ataupun semak belukar yang mengganggu menggunakan parang, setelah itu kumpulkan dan dibakar.
  2. Sebelum proses pembajakan aliri lahan terlebih dahulu dengan air supaya dapat memudahkan saat proses pembajakan. Pada proses pengolahan ini dapat dilakukan dengan menggunakan bajak yang dibantu menggunakan tenaga kerbau atau sapi, tractor maupun cangkul.
  3. Setelah tanah menjadi gembur, genangilah lahan kembali menggunakan air hingga ketinggian kira-kira 5 – 10 cm. Ketinggian air dapat diatur dengan cara membuka dan menutup akses keluar masuknya air irigasi.

B. Pemilihan Bibit Unggul

Setelah lahan dipersiapkan tahapan berikutnya dalam cara menanam padi yang benar yaitu pemilihan bibit yang unggul, supaya hasil panen tanaman padi memuaskan dan sesuai yang anda harapkan. Salah satu cara untuk mengetahui bibit padi unggul tidaknya dapat dilakukan dengan cara :

  1. Rendamlah benih bibit tanaman padi kira-kira 100 butir ke dalam air selama sekitar 2 jam.
  2. Kemudian letakkanlah benih yang telah anda rendam tadi diatas kain yang telah dibasahi, selanjutnya hitunglah benis yang telah muncul kecambahnya, jika benih yang berkecambah lebih 90 butir, dapat dipastikan bahwa benih tanaman padi tersebut bermutu tinggi dan layak untuk digunakan sebagai bibit budidaya tanaman padi.