Cara Menanam Padi Yang Baik Dan Menguntungkan, Pelajari Metode Ini

Posted on 1,204 views

C. Pesemaian

Setelah pemilihan benih padi, tahap selanjutnya dalam cara menanam padi yang bagus yaitu tahap persemaian. Oleh karena itu ada beberapa langkah yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut :

  1. Rendamlah benih tanaman padi selama kurang lebih sehari semalam. Kemudian tiriskan dan dibiarkan selama 2 hari sampai muncul kecambahnya.
  2. Persiapkanlah lahan persemaian dengan ukuran kira-kira 500 m2 untuk ukuran 1 hektar lahan persawahan. Usahakan selalu agar kondisi lahan pesemaian becek berlumpur dan tetap berair.
  3. Untuk setiap 1 m2 lahan pesemaian berikanlah pupuk dengan ukuran dosis 10 gr Urea ditambah 10 gr TSP.
  4. Tanamlah bibit tanaman padi yang telah berkecambah tadi dengan cara menaburkan bibit padi secara merata pada lahan pesemaian yang telah dipersiapkan sebelumnya.

D. Tahapan Cara Menanam Padi

Setelah proses persemaian bibit, tahap berikutnya dalam cara menanam tanaman padi yaitu tahap penananam bibit tanaman padi ke dalam lahan persawahan yang telah dipersiapkan. Langkah-langkah cara menanam padi, yakni dengan memindahkan bibit tanaman padi dari pesemaian ke lahan sawah, berikut ini adalah langkah-langkah cara menanam padi yang harus anda perhatikan yaitu :

  1. Bibit yang akan anda tanam, harus bibit yang masih berusia muda, ciri-cirinya bibit tanaman padi yang masih berusia muda yaitu bibit baru mempunyai daun dua sampai tiga helai, dan untuk lebih baiknya serta idealnya pada saat penanaman bibit tanaman padi usianya tidak lebih dari 12 hari atau 2 minggu.
  2. Sebelum bibit tanaman padi ditanam sebaiknya lahan digaris terlebih dahulu menggunakan alat penggaris sawah, tujuannya agar memudahkan saat penanaman serta jarak tanam tanaman padi bisa terlihat rapi dan sejajar. Alat penggaris sawah tradisional ini biasanya terbuat dari kayu dengan jarak masing-masing garisan biasanya antara 22 – 25 cm, alat ini biasanya hanya bisa digunakan saat air dalam keadaan surut. Namun jika lahan sudah terlanjur tergenangi air dapat digunakan benang nilon ataupun tambang kecil sebagai garis jarak tanamnya.
  3. Cara menanam padi pada lubang tanam, pada satu lubang tanam dapat diberi satu bibit tanaman dan maksimal dua bibit tanaman.
  4. Proses penanaman padi yang baik yakni lahan yang akan ditanami tanaman padi kondisinya dalam keadaan tergenangi air, untuk ukuran kedalaman penanaman bibit kurang lebih 1-15 cm, tidak usah terlalu dalam, dengan posisi bentuk akar seperti huruf (L), agar bibit tanaman padi yang ditanam dapat tumbuh dengan sempurna.

E. Penyiangan Lahan

Penyiangan lahan yaitu proses pembersihan area persawahan dari rumput liar maupun gulma yang mengganggu tanaman padi yang lagi dalam proses pertumbuhan. Penyiangan lahan merupakan salah satu tahapan yang penting dan harus anda lakukan dalam cara menanam padi yang baik dan benar. Penyiangan ini dapat dilakukan pada saat tanaman padi sudah berumur kira-kira 3 minggu setelah masa tanam. Untuk penyiangan berikutnya dapat dilakukan setiap tiga minggu sekali. Penyiangan yang disarankan adalah dengan cara mencabut rumput liar maupun gulma dengan tangan atau dapat juga menggunakan alat bantu seperti gasrok.