Cara Menanam Padi Yang Baik Dan Menguntungkan, Pelajari Metode Ini

Posted on 181 views

F. Pemupukan

Cara menanam padi agar dapat tumbuh dengan baik, tidak lepas dari tahapan pemupukan. Tahapan ini bertujuan supaya tanaman padi yang telah ditanam dapat tumbuh subur, sempurna dan dapat menghasilkan buah banyak. Untuk tahapan pemberian pupuk pada tanaman padi dapat dilakukan dengan cara bertahap yaitu :

  1. Tahapan pertama pemberian pupuk pada tanaman padi dapat dilakukan pada saat umur antara tujuh sampai dengan lima belas hari setelah masa tanam. Jenis pupuk yang dapat digunakan yaitu UREA dengan dosis penggunaan 100 : 50kg/Hektar.
  2. Tahapan kedua pemupukan dilakukan pada saat tanaman padi berusia 25 – 30 hari dari masa tanam. Jenis pupuk yang bisa digunakan adalah UREA 50 kg/ha dan Phonska 100 kg/ha.
  3. Tahapan ketiga, pemberian pupuk ini merupakan pemupukan terakhir yang dilakukan pada saat tanaman padi telah berumur 40 – 45 hari setelah masa tanam. Jenis pupuk yang bisa digunakan yaitu pupuk UREA ditambah ZA, dengan dosis ukuran 50 : 50 kg/Ha.

G. Perlindungan Terhadap Hama

Pada saat masa pertumbuhan tanaman padi pasti tidak lepas dari serangan berbagai macam hama. Hama yang sering menyerang pada tanaman padi diantaranya wereng, belalang, tikus, orong-orong, lembing, walang sangit dan lain-lain. Pengendalian hama tanaman padi yang paling dianjurkan adalah dilakukan dengan cara alami, yaitu dengan cara memelihara hewan pemangsa yang dapat dimanfaatkan untuk menghambat pertumbuhan hama tersebut. Misalnya ular yang dianggap berbahaya bagi manusia sebenarnya itu anggapan yang tidak benar karena ular dapat menekan perkembangan hama tikus yang menyerang tanaman pada tanaman padi anda. Pengendalian hama yang dilakukan dengan cara alami merupakan cara yang paling aman, namun jika hama penyakit belum bisa diatasi, langkah terakhir yaitu dapat menggunakan pestisida.

H. Masa Panen

Ketika masa panen telah tiba, saat itulah waktu yang paling dinanti-nanti oleh para petani, karena mereka akan segera menikmati hasil jerih payahnya. Tanaman padi yang sehat biasanya dapat dipanen dalam usia kurang lebih 95 hari, bisa juga tergantung jenis tanaman padi yang mereka tanam. Ciri-ciri tanaman padi yang siap untuk dipanen yakni sebagai berikut :

  1. Buah padi atau gabah telah berwarna kuning tanda bahwa padi sudah berumur tua.
  2. Bulir padi telah padat dan berisi keras.
  3. Buah tanaman padi telah terlihat merunduk karena terisi oleh beras.

Proses panen pada tanaman padi saat ini masih menggunakan cara manual-konvensional yang masih menggunakan tenaga manusia dengan cara memotong batang padi dengan sabit. Untuk mengurangi kerugian panen yang signifikan, maka panenlah tanaman padi tepat pada waktunya, dan langsung rontokkan bulir padi tersebut dengan cara disabit. Gunakanlah terpal ataupun tikar sebagai alas supaya hasil tanaman padi tidak menyebar sehingga akan memudahkan kita pada saat memasukkan gabah kedalam karung gabah.

Demikianlah sedikit ulasan kami tentang cara menanam padi yang baik dan benar, untuk memperoleh hasil panen yang sesuai dengan harapan. Mari kita Bersama-sama budidayakan cara menanam padi yang baik, supaya mendapatkan hasil yang melimpah agar negara kita dapat berswasembada beras tanpa import dari luar negri.