Cara Menanam Semangka Bagi Pemula Yang Mudah, Pelajari Teknik Ini

1,333 views

Cara menanam semangka – Kamu tentunya sudah sering memakan buah semangka, benar bukan buah yang sangat segar dan juga kaya vitamin itu memang sudah menjadi favorit banyak orang dikarenakan kesegarannya. Cara menanam  buah semangka tidak sulit, asalkan kamu rajin, pasti tanaman semangka kamu akan mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah.

cara menanam semangka

Untuk itu kamu yang ingin berusaha menambah pendapatan dengan cara menanam buah semangka, hal  ini sebagai peluang yang  teramat sangat menjanjikan. Karena, permintaan akan pasar terhadap buah semangka tergolong masih sangat tinggi, jadi peluang kamu untuk menjual hasil panen buah semangka masih sangatlah terbuka dengan lebar.

Lankah-langkah Cara Menanam Semangka

Sebelum kamu mengetahui cara cara menanam semangka, ada baiknya jika kamu menentukan dahulu posisi lahan yang sesuai supaya tanaman semangka kamu bisa tumbuh maksimal seperti dengan keinginan kamu tentunya. Berikut  ini yaitu langkah – langkah cara menanam buah semangka yang baik dan benar :

A. Menentukan Lahan

Langkah pertama adalah cara menanam buah semangka yang baik tidak terlepas dari memilih posisi tanah yang akan dipakai untuk media tanam tanaman semangka kamu. untuk tanaman buah semangka itu bisa tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah yakni berkisar antara 0 –1000  meter diatas permukaan laut.

Sebaiknya tanah yang akan dipakai untuk menanam buah semangka harus mengandung unsur unsur hara yang banyak untuk kebutuhan nutrisi tanaman buah semangka kamu tentunya.

Selain itu, PH tanah sebaiknya netral berkisar antara 5 – 7 . jika tanah kamu terlalu asam, kamu bisa lakukan pengapuran untuk menetralisir kadar asam tanah denga cara memberi kapur doloit dengan dosisi 1 ton / hektar tanah. Cara menanam buah semangka dengan cara yang tepat sangatlah penting yaitu memperhatikan keasam tanah.

Begitu setelah tanah ditentukan,  cara menanam buah semangka selanjutnya yaitu mencangkul atau membajak tanah tersebut supaya tanah menjadi gembur dan sekaligus supaya membersihkan gulam dan rumput liar yang berada di sekitar tanah atau lahan tersebut.

Setelah tanah telah cukup gembur, bikinlah bedengan dengan ukuran L:200cm, T:40 cm, serta panjang disesuaikan dengan kondisi tanah . Buatlah juga jarak antara bedengan yang bisa difungsikan sebagai drainase tanah dengan jarak kurang lebih 100 cm sampai 150 cm tergantung keadaan dan topografi tanah.

Cara menanam semangka berikutnya adalah membikin lubang tanaman di atas bedengan dengan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm dan tambahkan pupuk di dalam lubang tanaman tersebut dengan dosise pupuk kandang 4kg, pupuk DS 28 gr, pupuk ZK 20 gr, danpupuk ZA 15 gr.

Baca Juga : Cara Menanam Padi Yang Baik

B. Pembibitan  Buah Semangka

Selanjutnya di dalam cara menanam semangka buah adalah mengerjakan pembibitan tanaman buah semangka.Kamu yang senang jenis  buah semangka tanpa biji,  maka carilah bibit terbaik dari para petani  buah semangka tanpa biji yang ada di lingkungan kamu. Setelah bibit buah semangka dimiliki, semaikan di dalam polibag dengan media menanam berupa campuran tanah serta pupuk kandang yang sudah matang.

Siramilah terus bibit yang telah disemai tersebut setiap pagi dan sore hari. Sampai tumbuh tunas seperti daun kurang lebih 2 hingga 3 helai daun disetiap bibitnya. Biasanya juga bibit semai siap dipindahkan kedalam media menanam setelah berusia tanam 4 minggu dari awal biji ditanam dalam polybag.

C. Cara Menanam Buah Semangka

Ketika bibit sudah siap untuk ditanam, dan sudah berumur 4 minggu, maka cara menanam  buah semangka selanjutnya yaitu memindahkan bibit itu kedalam tanah yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Sebelum bibit kamu pindahkan, sebelum itu lubang tanaman di atas bedengan seharusnya dikasih air sampai meresap kedalam tanah,untuk  supaya menjaga kelembaban tanah.  Cara menanam untuk buah semagka adalah kamu harus pindahkan bibit kedalam lubang tanaman tersebut, serta tutup kembali dengan tanah tipis sampai ujung pangkal bibit buah semangka.

D. Pemeliharaan Tanaman buah Semangka

Cara menanam buah semangka tidak bisa lepas dari langkah dan cara perawatan yang maksimal supaya hasil panen nanti bisa sesuai dengan harapan kamu. beberapa langkah pemeliharaan tanaman buah semangka sebagai berikut:

Kamu harus penyiraman dengan rutin setiap pagi dan sore hari di prioritaskan kalau menginjak musim kemarau. Cara menanam buah semangka yang benar harus memperhtikan kelembaban tanah. Tanaman buah semangka sangat suka tanah lembab supaya pertumbuhan tanaman  buah semangka tidak layu dan juga pendek.

Kamu harus lakukan proses penyiangan untuk membersihkan tanah dari gulma ataupun rumput pengganggu supaya tidak merebut kandungan unsur hara yang semestinya diperuntukkan untuk tanaman  buah semangka tersebut.

Cara menanam  buah semangka berikutnya yaitu memberi pupuk susulan supaya kandungan unsur hara tanah tetap terlindungi. Kamu harus memberikan pupuk N P K dan pupuk kandang yang sudah difermentasikan. Sebarkanlah pupuk disekitar tanaman  buah semangka dengan jarak dari lubang tanaman kurang lebih 10 cm.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Hidroponik

E. Kamu Panen Semangka

Untuk pemanenan itu sendiri, setiap petani mempunyai kriteria yang berbeda  beda di setiap daerah. Hal ini  bisa disebabkan karena para petani itu melakukan penyesuaian dengan permintaan pasar. Tapi biasanya buah semangka yang sudah siap  untuk dipanen mempunyai ciri ciri berat buah cukup, daun buah sudah mulai sedikit layu, dan buah semangka berbunyi berat kalau ditepuk menggunakan telapak tangan kamu.

Panen adalah  suatu tahapan paling akhir cara menanam  buah semangka, untuk itu lakukan pemanenan  disetiap pagi hari. Caranya adalah potonglah tangkai buah semangka dengan menggunakan pisau ataupun gunting potong yang tajam, sisakan tangkai kurang lebih 3 – 5 cm dari pangkal buah semangka, selanjutnya tempatkan buah semangka ditempat yang sejuk dan juga tidak ditumpuk.

Demikian itu tadi adalah ulasan singkat tentang  bagaimana cara menanam semangka yang bisa kamu lakukan sendiri, dari pada tanah kamu tidak digunakan untuk usaha produktif, untuk itu lebih baik budidayakan buah semangka supaya menambah penghasilan kamu. Jika anda ingin membaca koleksi artikel kami lainnya dapat anda baca selengkapnya di website kami Belajar Bertanam. Terima kasih, Selamat mencoba sobat !