Cara Menanam Tomat Yang Baik dan Benar

Posted on 342 views

Cara menanam tomat yang baik – Tanaman tomat pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda, namun tahukah Anda kalau tomat ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Banyak petani yang enggan membudidayakan tanaman tomat karena bertanam tomat merupakan sangat susah, namun saya akan memberikan ulasan tentang cara menanam tomat yang baik sehingga menghasilkan tomat yang memuaskan dan pastinya akan mendapatkan untung yang melimpah.

cara menanam tomat yang baik
Image source:gardening.usask.ca

Selain itu tahukah Anda kalau tomat memiliki banyak vitamin dan khasiat yaitu contohnya kandungan citamin C pada tomat dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit sariawan pada bibir pecah-pecah. Maka dari itu tanaman tomat atau buah tomat sebenarnya adalah sayur atau buah yang mempunyai permintaan pasar yang sangat besar, disamping itu justru penyuplai tomat dari petani yang sangat minim sehingga berakibat pada kurangnya suplai pada pasar. Banyak petani yang ragu untuk bertanam sayuran tomat karena masih minimnya pengolahan pada tanaman tomat, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menanam tomat yang baik dan benar. Simaklah ulasan dibawah ini dengan teliti:

Langkah-langkah Cara Menanam Tomat Yang Baik

Untuk dapat menghasilkan tanaman tomat yang baik dan juga dapat tumbuh dengan subur, maka ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan, untuk lebih detilnya silahkan baca dibawah ini:

A. Pembibitan Tomat Dari Biji

Untuk membudidayakan atau menumbuhkan tomat dari biji hingga menjadi bibit tomat yang siap tanam tidaklah mudah. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan namun jangan khawatir karena saya akan membahas pada kesempatan kali ini. Berikut adalah ulasan tentang cara menanam tomat yang baik dan benar mulai dari biji hingga bibit tomat yang siap tanam:

  1. Buatlah campuran tanah dengan pupuk kandang/ pupuk UREA beserta pupuk KCL, campuran tersebut dengan perbandingan takaran yaitu (tanah 10 ember cat besar : pupuk kandang/ pupuk UREA 1 ember cat besar : pupuk KCL 1 kg). Dari bahan-bahan tersebut lakukan pencampuran dengan merata agar tidak ada gumpalan-gumpalan kecil yang akan membuat campuran menjadi tidak sempurna.
  2. Saring campuran yang sudah jadi menggunakan saringan atau ayakan yang terbuat dari strimin dengan ukuran lubang 0,5 cm. Penyaringan tersebut bertujuan agar campuran menjadi lebih lembut dan juga tidak ada ranting-ranting kecil atau sampah yang terdapat pada tanah campuran.
  3. Masukkan tanah campuran yang sudah lembut kedalam plastik pot kecil khusus yang digunakan untuk pembibitan. Saya kasih saran untuk memasukan tanah kedalam plastik pot sebaiknya sambil ditaburkan dan jangan dipadatkam agar tanah didalam pot tetap gembur.
  4. Sebelum dimasukkan bibit biji tomat, sebaiknya pot disiram menggunakan air biasa terlebih dahulu dengan merata agar tanah menjadi lembab.
  5. Masukkan bibit biji tomat kedalam pot dengan teliti.
  6. Setelah semua selesai maka langkah selanjutnya dilakukan penutupan pada pot yang sudah diisi bibit biji tomat, penutupan tersebut menggunakan plastik mulsa hingga 5 hari maka bibit biji tomat akan mulai tumbuh, setelah itu sebaiknya plastik mulsa tersebut di buka agar bibit yang sudah tumbuh mendapatkan udara yang segar. Setelah itu tunggu bibit hingga berusis 20 hari sambil tiap hari dilakukan penyiraman sesuai dengan kondisi tanah didalam pot maka bibit akan siap untuk ditanam.

2. Penanaman

Sebelum melakukan penanaman yaitu langkah pertamanya adalah membuat lahan untuk bertanam, lahan untuk bertanam bisa dimana saja. Setelah semuanya sudah siap, maka langkah penanaman segera di mulai, simaklah ulasan tentang cara menanam tomat yang baik dan benar dibawah ini:

  1. Langkah pertama untuk menanam bibit tomat yaitu plastik pot dilepas terlebih dahulu, sebaiknya agar tidak merusak tanah dan juga akar pada bibit yaitu caranya plastik pot di robek kemudian tanam bibit tomat pada lahan yang sudah dipersiapkan dan pastikan bibit tomat dapat berdiri dengan sempurna.
  2. Pada usia tanaman sudah 10 hari maka perlu mulai dilakukan penyemprotan obat anti hama setiap 3 hari sekali.
  3. Pada usia tanaman 15 hari maka dilakukan pemberian tiyang penyangga atau lanjaran pada setiap tanaman dan ikat tanaman menggunakan tali yang dikaitkan diantara tiyang penyangga atau lanjaran. Pemberian tali bisa mencapai 8 hingga 11 kali tergantung tanaman tomat mau dipangkas atau tidak.
  4. Pada usia tanaman tomat 35 hari maka akan mulai tumbuh buah tomat yang kecil-kecil. Kemudian sebaiknya obat pada penyemprotan ditambahkan yaitu meliputi obat anti jamur, obat ulat dan juga obat untuk penyubur buah. Jangan lupa penyemprotan dilakukan secara berkala dan terus menerus hingga buah tomat benar-benar tidak bertumbuh lagi.
  5. Tomat biasanya akan mulai siap untuk dipanen yaitu pada usia tananan 2 bulan dari mulai ditanam.

Menanam tomat memanglah sulit, namun dengan ulasan yang sudah saya buat mudah-mudahan bisa membantu Anda untuk berbudidaya tanaman tomat dengan hasil yang maksimal. Cukup sekian ulasan tentang cara menanam tomat yang baik dan benar dari saya, semoga selalu bermanfaat. Bagi anda yang ingin mencari artikel seputar pertanian silahkan kunjungi website kami di belajarbertanam.com. Selamat mencoba, semoga sukses!

Baca juga : Cara menanam tomat yang benar