Cara Menanam Tomat Yang Benar Agar Cepat Berbuah

8,151 views

Cara menanam tomat yang benar – Tomat adalah jenis sayuran yang kaya akan manfaat. Tomat bisa dimasak secara langsung maupun diolah terlebih dahulu, tomat merupakan jenis sayuran yang fleksibel karena bisa dimasak dan juga bisa dimakan secara langsung. Contoh olahan yang berasal dari tomat adalah sambal tomat, campuran sop atau bening, jus tomat dan masih banyak lagi jenis masakan yang berasal dari tomat. Tomat mengandung banyak vitamin yaitu contoh nya vitamin C yang terdapat pada tomat dapat menyembuhkan sariawan pada bibir.

cara menanam tomat yang benar

Tomat termasuk jenis sayuran yang harganya lumayan mahal, bahkan petani dapat meraup untung yang lebih banyak dari hasil bertani tanaman tersebut. Akan tetapi bertanam tomat tidaklah mudah maka dari itu sedikitnya petani dan sedikitnya tersedia sayur tomat dipasaran mengakibatkan harga tomat melambung tinggi karena permintaan pasar yang tinggi dan juga sedikitnya suplai dari petani. Untuk itu masih terbukanya untuk jadi petani tomat yang sukses karena sedikitnya petani yang berbudidaya tomat.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara menanam tomat yang benar agar menjadi petani tomat yang sukses. Tomat bisa ditanam dimana saja mulai dari dataran rendah, dataran sedang dan juga dataran tinggi, akan tetapi hal yang paling penting dalam cara menanam tomat adalah pengolahan lahan dan juga perawatannya.

Langkah-Langkah Cara Menanam Tomat Yang Benar

Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa tahapan atau proses yang harus anda lakukan jika ingin menanam tomat, yaitu pengolahan lahan, penanaman, dan perawatan, yuk kita bahas masing-masing.

A. Pengolahan Lahan

Untuk pengolahan lahan pada tanaman tomat hampir sama pada pengolahan lahan untuk tanaman yang lain. Tomat bisa ditanam dilahan bedeng atau lahan biasa, namun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh bagaimana cara menanam tomat yang benar didalam lahan bedeng. Betikut adalah ulasan beserta keterangannya:

  1. Buatlah lahan bedeng seperti pada lahan bedeng untuk tanaman yang lainnya.
  2. Buatlah lubang pada plastik mulsa yaitu disisi kanan dan sisi kiri khusus untuk tempat bertanam tanaman tomat.
  3. Buatlah jarak antar lobang yaitu sekitar 15 cm hingga 20 cm, jarak yang tidak terlalu dekat bermanfaat untuk pertumbuhan akar tanaman dengan bebas didalam tanah.
  4. Buatlah lubang menggunakan kayu yang sudah diruncingkan/ponjo kedalam bedeng yang sudah diberi lubang pada plastik mulsanya.
  5. Masukkan pupuk urea kedalam lubang tersebut, pupuk urea tersebut berguna sebagai penambah tingkat kesuburan pada tanah.
  6. Tutup kembali menggunakan tanah biasa, kemudian diamkan terlebih dahulu sekitar 3 hari maka lahan siap untuk ditanam.

B. Penanaman

Untuk proses penanaman, sebaiknnya Anda pilih bibit tomat yang baik terlebih dahulu yaitu usia pada bibit minimal 20 hari dari pertama bibit bertumbuh. Pada usia tersebut bibit tomat sudah bisa dan siap untuk ditanam pada lahan bedeng. Berikut adalah tata cara menanam tomat yang benar:

  1. Buatlah lubang pada lahan bedeng yang sudah dipersiapkan cukup menggunakan jari tangan orang dewasa atau apapun alat yang Anda gunakan untuk membuat lubang.
  2. Masukkan atau tanam bibit tomat yang sudah dipersiapkan kedalam lubang dan urug bibit tanaman tomat dengan sedikit tanah agar bibit tomat bisa berdiri dengan tegak.

cara menanam tomat yang benar

C. Perawatan

Nah inilah dia hal yang paling susah didalam cara menanam tomat yang benar yaitu perawatannya yang sangat rumit. Berikut adalah cara perawatan tanaman tomat yang benar:

  1. Pada usia tanaman tomat 15 hari dari bertanam maka perlu diberikan tiyang penyangga atau bisa juga disebut lanjaran. Berikan tiyang penyangga tersebut disetiap samping tanaman tomat.
  2. Berilah tali dan kaitkan diantara tiyang penyangga dengan tomat dan tiyang penyangga yang lainnya secara berbanjar memanjang menurut bedeng. Pemberian tali tersebut dilakukan lima hari sekali secara berurutan hingga mencapai tali 8 tingkat sampai 11 tingkat pada setiap tiyang penyangga.
  3. Kemudian 3 hari selanjutnya yaitu tanaman tomat diberi penyemprotan, penyemprotan tersebut menggunakan campuran obat untuk anti hama dan dilakukan secara 3 hari sekali terus menerus.
  4. Pada usia tanaman 35 hari maka maka tomat kecil akan mulai bertumbuh dan sebaiknya harus disemprot dengan campuran obat anti jamur dan juga obat anti ulat serta ditambahkan obat penyubur buah agar buah menjadi lebat. Penyemprotan tersebut dilakukan kurang lebih 1 minggu sekali secara berkala.
  5. Pada usia 2 bulan maka tomat siap untuk dipanen.

Untuk anda yang ingin membaca artikel kami lainnya dapat anda lihat di website kami belajar bertanam (dot) com. Cukup sekian ulasan tentang cara menanam tomat yang benar dari kami, semoga selalu bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga sukses!!!