Cara Mencangkok Tanaman Yang Mudah dan Cepat Tumbuh Akar

100 views

Setelah proses pencangkokan tanaman selesai, Anda tetap harus melihat dan meneliti hasilnya selama seminggu. Hal yang bisa Anda lakukan adalah  menyiram tanah yang terlihat kering dengan cara membuka tali pengikat bagian atas pohon yang dicangkok tersebut, untuk kemudian diikat kembali sesuai posisi semula.

Setelah dua atau tiga minggu kemudian, Anda bisa melihat perubahan pada tanah yang Anda bungkus tersebut, yakni terdapat akar yang kian hari kian bertambah banyak jumlahnya.  Jika jumlah akarnya dirasa sudah cukup, Anda bisa segera memotong hasil cangkokan tersebut dan memindahkan pada media baru yang subur.

Cara Mencangkok Tanaman Yang Mudah

Tips Cara Mencangkok Tanaman Agar Berhasil

Agar berhasil dalam melakukan pencangkokan, berikut ini tips-tips yang bisa Anda pelajari:

  • Untuk proses pencangkokan, Anda bisa gunakan pisau yang tajam dan memiliki bentuk lurus dan tidak melengkung ke atas atau ke bawah.
  • Pilihlah batang, dahan, atau ranting yang telah berkayu, dengan ciri-ciri warna kulitnya yang terlihat menua, yakni cokelat tua.
  • Pilihlah batang, dahan, atau ranting tanaman yang erect, yakni memiliki bentuk sudut 45 derajat dari permukaan tanah. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pengeratan kulit tanaman, dan mempercepat tumbuhnya akar secara merata pada daerah yang dicangkok.
  • Pilihlah batang, dahan, atau ranting yang terletak pada bagian terluar dari tanaman. Hal ini memiliki tujuan untuk mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung yang bisa membantu tanaman untuk menjalankan proses fotosintesis secara normal sehingga mempercepat proses pembentukan akar pada cangkokan.
  • Anda bisa mengerat/menguliti batang, ranting atau dahan sepanjang 4-10 cm, hal itu tergantung pada diameter batang pohon yang akan dicangkok. Jadi, semakin besar batang yang akan dicangkok, maka akan semakin panjang pula posisi keratan pada kulit tanaman. Namun, perlu diingat bahwa keratan yang terlalu panjang, akan menyusahkan Anda sendiri dalam pembungkusan dan tidak efisien.
  • Setelah dilakukan pengeratan/pengupasan kulit, Anda bisa mendiamkannya selama 10-15 menit hingga kambium tanaman mongering.
  • Cara mengerik lapisan kambium bisa dilakukan dengan arah tegak lurus pada cangkokan dengan bersih dan rata. Jangan biarkan ada sisa jaringan kambium pada batang yang Anda cangkok, karena bisa mengurangi kualitas pertumbuhan akar atau justru menggagalkan proses tumbuhnya akar tanaman. Hal ini terjadi karena jaringan kambium yang masih tersisa itu bisa mengantarkan fotosintat dari daun ke bagian tanaman yang dicangkok.
  • Usahakan agar Anda tidak melukai batang/cabang tanaman saat pengerikan kambium, karena luka yang terlalu banyak akan menyebabkan infeksi jamur yang menggagalkan proses pencangkokan.

Untuk mendukung kesuksesan proses pencangkokan, usahakan untuk memilih media cangkok yang berkualitas, misalnya; kompos daun bambu, campuran tanah dan pupuk kandang, serabut padi, dan lain-lain. Prinsip yang perlu diperhatikan dalam memilih media cangkok, diantaranya adalah harus gembur sehingga memudahkan tumbuhnya akar secara optimal dan mampu menyimpan air serta menjaga kelembaban media cangkok sehingga tidak perlu dilakukan penyiraman atau penambahan air.

Pilihlah media pembungkus cangkokan yang memudahkan Anda dalam meneliti dan mengamati perkembangan hasil cangkokan Anda, misalnya plastik trasparan. Selain itu, media cangkok dengan plastik transparan membantu Anda dalam mengetahui tingkat kelembaban pada media cangkok. Dan satu langi yang harus Anda perhatikan adalah, Anda harus mengikat plastik dengan erat, karena semakin  ikatan pada plastik cangkok, maka proses pembentukan akar akan semakin cepat.

Untuk menyiram media cangkok, Anda bisa membuka ikatan plastiknya atau dengan menggunakan alat suntik yang disuntikan ke media cangkok. Namun, hindari penambahan air secara berlebihan karena hanya akan membuat media cangkok membusuk. Setelah akar sudah mulai tumbuh secara merata, Anda bisa memotong dahan dan memindahkan pada media tanam yang baru. Demikian informasi tentang cara mencangkok tanaman, semoga bermanfat bagi Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *