Cara Pengolahan Lahan Tanaman Cabai Yang Baik Dan Benar

Posted on 239 views

Halo sahabatku semuanya khususnya bagi semua para pembaca, pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang Pengolahan Lahan Tanaman Cabai yang baik dan benar. Pengolahan Tanah Tanaman Cabai yang baik dan benar tentunya ada beberapa langkah, proses, alat dan juga bahan-bahan yang baik tentunya.

Pengolahan lahan tanaman cabai
Pengolahan lahan tanaman cabai

Langkah-langkah Pengolahan Lahan Tanaman Cabai

Untuk langkah-langkah yang harus dilakukan dalam Pengolahan Lahan Tanaman Cabai yaitu:

A. Mempersiapkan alat-alat yang di butuhkan

Alat-alat yang dibutuhkan dalam Pengolahan Lahan Tanaman Cabai yaitu seperti cangkul, pengukur, dan pelubang plastik.

1. Cangkul
Cangkul dapat digunakan untuk mencangkul lahan dan mencetak bedeng agar berbentuk gundukan tanah yang bagus.

2. Pengukur
Pengukur disini yang saya maksud ialah alat untuk mengukur lebar bedeng dan juga jarak dari bedeng ke bedeng agar teratur dan tidak berantakan. Alat ini bisa terbuat dari kayu kecil atau bambu yang sudah di belah dengan ukuran panjang 80 cm untuk lebar bedeng dan juga 50 cm untuk jarak tiap bedeng nya.

3. Pelubang Plastik
Pelubang plastik adalah alat untuk membuat lubang-lubang pada plastik mulsa yang sudah terpasang pada lahan bedeng, alat ini sudah terdapat dijual di toko-toko alat pertanian. Alat tersebut biasanya ada yang membuat sendir dari bahan kaleng susu dan agar bisa bekerja yaitu di dalam kaleh susu dimasukkan arang agar panas dan ditempelkan pada plastik mulsa tersebut maka plastik akan berlubang sesuai pada lingkaran kaleng.

B. Mengolah lahan

1. Mencangkul
Pengolahan Lahan Tanaman Cabai yaitu dengan cara mencangkul, tanah dicangkul dengan kedalaman minimal 25 cm, tanah dicangkul dengan merata. Setelah itu bentuk tanah memanjang dengan lebar 80 cm dan jarak dari tiap lahan yaitu 50 cm.

2. Pemberian pupuk dasar
Pupuk dasar pada lahan tanaman cabe yaitu berasal dari pupuk kandang biasa, bisa dari pupuk kandang sapi atau bisa juga berasal dari pupuk kandang kambing. Setelah itu diatas pupuk kandang diberi taburan pupuk urea secara merata, yaitu berbahan pupuk KCL yang mudah didapatkan di toko-toko pertanian.

3. Penutupan pupuk
Setelah langkah-langkah diatas, kemudian yang harus dilakukan yaitu penutupan diatas pupuk dengan menggunakan tanah, penutupan tersebut dilakukan secara merata hingga berbentuk gundukan.

4. Penutupan bedeng
Selanjutnya yaitu dilakukan penutupan menggunakan plastik mulsa, penutupan tersebut dilakukan dengan 2 orang yaitu satu orang diujung bedeng dan yang satu orang diujung bedeng yang berlawanan, plastik mulsa di potong sesuai ukuran panjang bedeng kemudian ditarik oleh 2 orang tersebut agar plastik mulsa bisa terpasang dengan baik dan kencang, setelah itu kunci menggunakan tusuk-tusuk bambu yang berukuran sekitar 10 cm.

5. Pelubangan
Cara untuk melubangi plastik mulsa pada bedeng yaitu seperti yang sudah saya jelaskan tadi yaitu menggunakan kaleng susu yang dipanaskan menggunakan arang didalamnya atau juga alat yang serupa namun bawahnya bergerigi tajam, Anda tidak usah bingung karena alat-alat tersebut tersedia ditoko-toko peralatan pertanian.

Tips untuk pelubangan yaitu sebaiknya dalam satu bedeng cukup diberi dengan lubang lima baris, jika Anda ingin memberi lubang yang lebih dari lima baris yaitu sebaiknya diberikan pada sela-sela lubang yang sudah jadi yaitu maksudnya bersilangan dengan lubang-lubang yang sudah jadi.

Sekian tutorial cara Pengolahan Lahan Tanaman Cabai dari saya, bagi anda yang ingin membaca koleksi artikel kami lainnya tentang pertanian bisa kunjungi website belajarbertanam.com. semoga bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba dan semoga sukses!!!

Baca juga : Cara membuat bedengan tanaman cabe