Harga Kayu Gaharu yang Fantastis | Kayu Termahal di Dunia

Harga Kayu Gaharu yang Fantastis

Cara Memperoleh Jenis Kayu Gaharu yang Bernilai Tinggi

Beberapa jenis pohon penghasil kayu gaharu yang termasuk ke dalam famili Themeleceae, terutama yang berasal dari genus Aquilaria dan Gyronops. Jenis pohon gaharu yang berasal dari jenis tersebut dapat menghasilkan gubal gaharu yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang sangat tinggi.

Harga Kayu Gaharu yang Fantastis

Terdapat cara untuk memperoleh hasil yang tinggi dan maksimal dalam menanam pohon gaharu. Hal tersebut tentunya diperlukan pengetahuan yang cukup dalam bidang teknik budaya dan teknologi untuk dapat memperoleh gubal gaharu dengan kualitas baik.

Tanpa memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hal tersebut, akan sulit memperoleh hasil gaharu yang memuaskan. Tidak semua pohon gaharu dapat menghasilkan gubal gaharu karena hanya pohon yang terinfeksi mikroba tertentu saja yang dapat menghasilkan gubal.

Macam-Macam Hasil Olahan Kayu Gaharu

Perajin kayu gaharu yang memiliki nilai seni tinggi, tentunya tidak akan menyia-nyiakan peluang dari tingginya permintaan pasar terhadap jenis kayu yang harganya tinggi ini.

Berbagai olahan kayu gaharu sangat bernilai dan memiliki daya jual tinggi, terutama para wisatawan dari luar negeri yang senantiasa memburu hasil seni bernilai ini.

Kayu gaharu dapat diolah menjadi banyak ragam bentuk karya seni yang bagus. Contoh hasil karya seni kayu gaharu adalah dalam bentuk ukiran kecil dan sangat besar.

Namun, ukiran-ukiran hasil seni tersebut tentunya tidak bisa dilihat dari ukurannya. Bisa saja ukiran dalam bentuk kecil malah memiliki nilai yang sangat tinggi.

Selain ukiran, kayu gaharu juga dibuat menjadi patung dan guci yang sangat bernilai tinggi. Bentuknya yang bermacam-macam menjadi nilai plus penjualan kayu gaharu.

Selain itu, siapa sangka, ternyata kayu gaharu pun dapat diolah menjadi bentuk pengobatan alternatif, yaitu pengobatan herbal. Kayu gaharu dapat dikonsumsi menjadi minuman dengan cara memasukkan kayunya pada segelas air.

Kemudian mendiamkannya terlebih dahulu selama satu malam, untuk selanjutnya diminum. Manfaat yang diperoleh dari minuman herbal dengan kayu gaharu tersebut adalah untuk mencuci kotoran yang terdapat di dalam tubuh manusia.

Selain itu, minuman tersebut juga berfungsi baik bagi ginjal dan juga dapat memecahkan kencing batu serta menyembuhkan penyakit dalam lainnya. Selain sebagai pengobatan alternatif dalam bentuk minuman, kayu gaharu pun dapat dikonsumsi melalui makanan dengan cara dikunyah sebelum makan besar.

Namun, biasanya konsumsi melalui makanan hanya diperlukan seminggu sekali dan fungsinya pun sama, yaitu untuk mengobati penyakit dalam yang diderita seseorang.

Satu lagi fungsi kayu gaharu yang cukup terkenal, yaitu mencegah penyakit. Namun, tidak dalam bentuk minuman dan makanan, melainkan dibuat menjadi gelang dan kalung yang berfungsi menyerap penyakit yang diderita seseorang.

Tak heran, harga kayu gaharu tinggi. Karena ternyata, nilai seni dan manfaatnya pun sangat tinggi. Demikianlah paparan tentang kayu gaharu, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like