Mengenal Lebih Jauh Jambu Biji, Khasiat dan Manfaatnya

330 views

Kegunaan Jambu Biji

Tanaman jambu, selain sebagai peneduh, buahnya dapat dijadikan sebagai sajian buah segar dan juga bermanfaat untuk obat, mulai dari akar hingga daunnya. Daun jambu biji memiliki sifat penetral dan berkhasiat sebagai astringen. Daunnya mengandung tamin (eugenol), minyak lemak, triterpenoid, asam malat, dan asam aptel. Adapun bagian buahnya mengandung asam amino (triptofan lisin), pectin, kalsium, mangan, magnesium, belerang, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Mengenal Lebih Jauh Jambu Biji

Beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan oleh bagian dari tanaman jambu biji adalah sebagai berikut.

1. Disentri atau Mencret

Penyakit disentri atau mencret dapat disembuhkan oleh bagian akar dan daun jambu ini. Caranya adalah dengan merebus beberapa potong akar atau sekitar 5-7 helai daun jambu, kemudian setelah mendidih, airnya disaring dan diambil daunnya untuk kemudian diminum setelah hangat atau dingin.

2. Diare

Bagian tanaman jambu biji yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diare adalah bagian daun. Cara penggunaannya yaitu dengan cara merebus kurang lebih 30 gram daun jambu ini dicampur dengan segenggam tepung beras yang telah disangan. Air yang digunakan untuk merebus adalah sebanyak 2 gelas, stelah mendidih, air tersebut disaring, didinginkan, lalu diminum. Aturan minum yang dianjurkan adalah 2-3 kali sehari.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan diare adalah dengan mengambil sekitar 30 gram daun jambu biji segar, cuci, kemudian tumbuk halus. Tambahkan garam sebanyak setengah sendok teh dan setengah cangkir air panas. Aduk campuran tersebut hingga merata, kemudian disaring, dan air hasil ramuan tersebut siap diminum.

3. Kencing Manis

Penyakit kencing manis dapt disembuhkan oleh buah jambu biji. Caranya, ambillah sebuah jambu biji yang masih mengkel, cuci, potong-potong, kemudian direbus dengan 3 gelas air. Rebus hingga air tersebut tersisa satu gelas. Setelah mendidih, dinginkan, saring, lalu minum air ramuan tersebut. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari.

4. Kurap

Untuk mengobati kurap, Anda bisa menggunakan daun jambu. Cara penggunaannya adalah dengan mengambil daun jambu yang telah dicuci dan diremas. Setelah itu, rebus remasan daun tersebut dengan 10 mangok air bersih. Setelah mendidih, saring air ramuan tersebut lalu gunakan untuk mandi. Air ramuan tersebut dapat Anda campur dengan air dingin sehingga memungkinkan untuk dipakai mandi.

Itulah perkenalan kita dengan tanaman buah jambu. Ternyata, banyak hal dari jambu biji yang mungkin baru kita ketahui, bukan? Dengan berbagai manfaat dan kegunaan jambu, tidaklah mengherankan jika kemudian banyak masyarakat yang menyukainya. Terlebih dengan kemampuannya untuk mengobati berbagai penyakit. Selain rasa yang enak, ternyata jambu biji pun ternyata sangat bermanfaat untuk menghindarkan tubuh kita dari berbagai penyakit. Sungguh menakjubkan.

Nah, setelah mengetahui berbagai keistimewaan tanaman jambu biji ini, tentunya Anda tertarik untuk membudidayakannya, bukan? Jika Anda berniat untuk membudidayakan tanaman jambu ini, Anda bisa mencari beberapa buku referensi cara budidaya tanaman jambu yang sudah banyak beredar di pasaran. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!