Khasiat Jambu Merah yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

303 views

Khasiat Jambu Merah yang Kaya Manfaat, Brazil Selain terkenal karena permainan sepak bolanya yang bagus, ternyata menjadi negara asal mula dari salah satu tanaman buah yang cukup banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman tersebut pasti tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Daun dari tanaman buah tersebut bisa digunakan sebagai obat penyembuh diare. Tanaman tersebut adalah jambu biji.

Khasiat Jambu Merah yang Kaya Manfaat

Jambu biji memiliki beberapa varian. Salah satunya adalah jambu biji berwarna merah atau bisa disebut jambu merah. Jambu biji juga merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Begitupun, dengan jambu merah. Kandungan khasiat jambu merah bagi tubuh pun layak diperhitungkan.

Khasiat Jambu Merah

Jambu biji yang bernama latin psidium guajava tersebar meluar sampai ke Asia Tenggara melalui Indonesia, sampai Asia Selatan, India, dan Srilangka. Warna buahnya yang merah, yang menyebabkan buah ini disebut juga buah jambu Biji Merah, memang cukup memikat. Rasanya juga manis. Bisa dibuat jus atau dimakan langsung sebagai buah pencuci mulut.

Jambu biji termasuk tanaman perdu, jadi memang bukan sembarang jenis tanaman. Batangnya memiliki banyak cabang dan rantingnya sangat keras. Permukaan kulit luar pohon jambu biji merah berwarna coklat dan licin. Jika kulit kayu jambu biji merah dikelupas akan terlihat permukaan batang kayunya yang basah.

Bentuk daun bercorak bulat telur dengan ukuran yang agak besar. Bunganya kecil-kecil berwarna putih dan muncul dari balik ketiak daun. Biji-bijinya banyak dan terdapat pada daging buahnya. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Buah jambu biji merah warna kulitnya hijau muda dan dalamnya putih, namun makin tua warna buah bagian dalam makin merah dan warna kulit luarnya hijau kekuningan. Saat masih muda rasanya asam, namun jika matang akan berasa manis dan mengandung air. Di dalamnya terkandung tanin, kalori, vitamin A, B1, C, kalori, kalsium, fosfor, zat besi, protein, dan air.

Salah satu khasiat dari buah jambu biji merah yang cukup populer adalah untuk menambah kadar trombosit darah penderita demam berdarah. Bahkan, sejak zaman dulu orang sudah memanfaatkan buah ini untuk menjaga kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang cukup banyak.

Jambu biji merah juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit. Misalnya saja Diabetes Mellitus (DM). Penyakit yang banyak menghantui orang kota ini dapat disembuhkan dengan cara secara mengkonsumsi buah jambu biji merah, baik dengan cara dimakan langsung atau dijus terlebih dahulu. Itu semua berkat kandungan gula alamiah yang ada di dalam buah yang bisa tumbuh tanpa mengenal musim ini. Beberapa khasiat buah jambu biji merah lainnya:

  • Menyembuhkan sakit perut atau diare. Caranya, makan sebutir buah jambu biji merah. Kunyah-kunyalah secara rutin hingga sembuh. Untuk diare, sebaiknya menggunakan buah yang masih muda. Apabila yang terserang diare adalah anak kecil atau bayi yang masih menyusui, sang ibu bisa mengunyah buah jambu biji merah yang mentah dan menelan airnya (ampasnya dibuang).
  • Mengobati sariawan. Konsumsi buah jambu biji secara langsung atau dijus terlebih dahulu. Bisa juga dengan diparut dan direbus lalu diambil airnya untuk diminum.

Kandungan dalam Buah Jambu Merah

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang wajar terkandung pada buah-buahan, jambu pun demikian. Jumlah vitamin C dalam jambu biji konon jauh lebih tinggi dibanding kandungan vitamin C pada buah, seperti mangga dan jeruk.

Selain kandungan vitamin C yang cukup tinggi, jambu merah mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi pula. Terutama, jika dibandingkan dengan jambu biji yang berwarna putih untuk daging dan bijinya.

Jambu biji merah mengandung berbagai zat gizi yang dapat dijadikan obat. Parimin (2007) menyatakan, 100 gram jambu biji masak segar mengandung 0,9 gram protein, 0,3 gram lemak, 12,2 gram karbohidrat, 14 mg kalsium, 28 mg fosfor, 1,1 mg zat besi, dan 86 gram air dengan total kalori 49 kalori. Kandungan vitamin C jambu biji merah dua kali lipat dari jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 gram buah. Kandungan vitamin C optimum terjadi pada saat buah akan matang.

Selain vitamin C, jambu biji merah mengandung likopen. Likopen adalah senyawa karotenoid, pigmen penting dalam tumbuhan yang memberikan warna merah yang memiliki aktivitas antioksidan untuk menangkal radikal bebas, sehingga melindungi tubuh dari serangan beberapa jenis penyakit, antara lain kanker.

Kandungan likopen jambu biji merah melimpah, yakni 5.200 mg per 100 gram buah peringkat kedua, setelah tomat. Likopen juga salah satu senyawa fitokimia atau fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti senyawa karotenoid lain, yakni xantin dan lutein.

Baca juga : Jenis-jenis jambu biji yang populer saat ini