Khasiat Jambu Merah yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

302 views

Jambu Merah yang Kaya Manfaat

Jambu merah berbeda dengan jenis jambu lain. Jenis jambu ini memiliki biji dan daging berwarna kemerahan. Warna merah cerah pada daging jambu merah mengandung zat yang disebut likopen. Zat likopen dalam jambu merah sama dengan zat likopen yang terkandung dalam buah tomat.

Zat likopen dalam warna-warna cerah pada buah bersifat antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menangkal berbagai radikal bebas dari lingkungan yang tidak terlalu baik. Selain bersifat sebagai antioksidan bagi tubuh, jika dikonsumsi secara rutin, likopen dapat meningkatkan kesuburan pada sistem reproduksi pria.

Khasiat Jambu Merah yang Kaya Manfaat

Kegunaan utama likopen menghambat kemunduran fungsi fisik dan mental, antara lain membuat manusia tak mudah pikun. Likopen juga mencegah kanker pankreas, mulut rahim, dan saluran pencernaan. Riset epistemologis likopen oleh peneliti Italia mencakup 2.706 kasus kanker rongga mulut, tekak, kerongkongan, lambung, usus besar dan dubur, jika meningkatkan konsumsi likopen, khususnya pada jambu biji yang berdaging buah berwarna merah, memberikan efek perlindungan pada tubuh. Likopen dalam jambu biji merah mencegah ampuh penyakit kanker, terutama kanker prostat.

Studi dari Harvard University menemukan bukti dalam penelitian terhadap 48.000 laki-laki, responden yang paling banyak menambahkan asupan likopen dalam menu diet resiko kanker prostat menurun 45%. Penelitian Yale University yang melibatkan 473 pria menunjukkan fakta pria yang bebas kanker prostat punya lebih banyak kadar likopen dalam darah ketimbang penderita kanker.

Jambu Merah dan Demam Berdarah

Resep yang mengatakan bahwa khasiat jambu merah dapat menyembuhkan demam berdarah ternyata bukan hanya berlaku di Indonesia. Di negara lain, seperti Philipina, Thailand, China, dan Brunei, jambu merah juga dikenal sebagai buah yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah demam berdarah.

Bagian buah jambu merah yang berkhasiat untuk menyembuhkan tubuh dari penyakit demam berdarah adalah daun dan sari dari jambu merahnya.

Untuk daun, cara pembuatan ramuan tradisional penyembuh demam berdarah sangat sederhana. Anda cukup merebusnya dan meminum air rebusan daun jambu merah tersebut.

Sari buah jambu merah atau jus jambu merah juga dapat menyembuhkan penderita dari penyakit demam berdarah.

Sari buat ini dipercaya dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah sehingga tubuh akan pulih kembali dengan cepat. Selain untuk menambah jumlah trombosit dalam tubuh, jambu merah dapat mengobati radang usus besar dan dapat menyembuhkan diare serta disentri.

Obat Diare

Khasiat jambu merah sangat baik untuk kesehatan. Jambu biji ini mengandung zat alkaline alami, desinfektan dan anti bakteri sehingga membantu dalam penyembuhan diare dan disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba dan mengurangi produksi lendir yang berlebih dari usus. Selanjutnya dengan kandungan lain dalam jambu biji merah seperti vitamin C dan potassium carotenoids akan membantu memperkuat sistem pencernaan dalam mengatasi bakteri tersebut.

Obat Batuk dan Pilek

Jambu biji merah yang dibuat jus sangat bermanfaat untuk mengatasi batuk pilek, mengurangi lendir, melonggarkan saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru. Vitamin C dosis tinggi yang terkandung dalam jambu biji merah tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagi infeksi yang menyebabkan sakit flu, batuk dan demam.

Perawatan Kecantikan Kulit

Kandungan zat yang terkandung dalam khasiat jambu merah dapat membantu mengencangkan otot kulit yang sudah kendur, menjadikan kulit tetap segar, bebas dari noda, keriput dan penyakit kulit lainnya. Caranya dengan mengonsumsi langsung jambu biji merah yang setengah matang. Bisa juga menggunakan daun atau kulit jambu biji merah dengan cara mencuci daun jambu biji lalu direbus dan setelah air hasil rebusan dingin maka dapat diminum