Manfaat Adenium Menakjubkan yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Posted on

Adenium adalah jenis tanaman berbunga dalam keluarga dogbane, Apocyanaceae. Ada salah satu spesies, Adenium obesum dikenal sebagai mawar gurun, atau beberapa spesies dalam genus ini, tergantung pada pandangan botani yang berbeda.

manfaat adenium
sumber: worldofsucculents.com

Mawar Gurun ini berasal dari padang pasir Afrika dan Arab dan dapat mentolerir panas tinggi, hingga 120 ° F (48,9 ° C). Ini adalah entitas unik dan sangat khas yang tumbuh dengan sedikit air dan menghasilkan warna merah yang cemerlang, merah muda, atau bunga putih.

Semaknya ini tumbuh sebagai houseplant oleh para kolektor, tetapi bisa menjadi tanaman yang sulit untuk tumbuh.

Pecinta tanaman hias tentu mengenal adenium. Awalnya, adenium tumbuh secara alami di daerah Yaman. Tanaman ini kemudian dikembangkan di beberapa negara Asia.

Di Taiwan, masyarakatnya menyebut adenium sebagai fook hui hwa, yaitu bunga yang membawa keberuntungan dan kesejahteraan. Bunga ini meyakini keberadaan adenium di dalam rumah akan memberikan motivasi, keberanian, kebahagiaan, dan keberuntungan.

Adenium berasal dari divisi tanaman Magnoliophyta, kelas Magnoliopsida, ordo Gentianales, famili Apocynaceae, dan genus adenium.

Penampakan Adenium

Munculnya Adenium yang cukup khas. Alih-alih batang, tanaman memiliki dasaran yang terlihat membengkak dikenal sebagai caudex. Batang tebal disebut sebagai pachycaul tumbuh dari itu.

Daun yang bergerombol di ujung batang. Bunga diproduksi di akhir musim dingin, dalam lingkungan alam, bervariasi dalam ukuran dari 3 sampai lebih besar dari 8 inci (7,5 sampai 20 cm) lebar.

Ketika ditanam sebagai tanaman kebun, adenium biasanya mulai berbunga di musim semi, bahkan sebelum daun baru diproduksi. Jika musim panas benar-benar panas, mungkin berhenti memproduksi bunga sampai musim gugur. Banyak hibrida akan mekar sepanjang tahun, jika bunga ini tetap hangat dan hidup dengan baik.

Karena Adenium adalah kembang gurun, seperti kaktus, bunga ini dirancang untuk tumbuh dengan jumlah air minimal. Tanaman menyimpan air untuk membawa bunga ini melalui periode paling kering di padang pasir.

Ketika ditanam oleh tukang kebun, sangat penting bahwa tanaman ditanam dalam campuran tanah yang mengalir dengan baik, seperti campuran kaktus komersial.

Bunga ini harus benar-benar disiram dan kemudian dibiarkan hampir seluruhnya kering sebelum disiram lagi. Idealnya, bunga ini harus disimpan dalam pot tanah liat, karena jenis ini cenderung untuk mempertahankan kelebihan air.

Suhu merupakan faktor yang sangat penting dalam penyiraman padang pasir . Jika suhu di malam hari adalah kurang dari 50 ° F (10 ° C), atau 80 ° F (26,7 ° C) pada siang hari, tanaman tidak harus disiram sama sekali.

Jika bunga ini menerima air di bawah kondisi, bunga ini cenderung menyerah dan akar akar membusuk. Tanaman akan menerima beberapa kerusakan pada suhu 40 ° F (4,4 ° C), namun lambat laun akan sembuh. Kontak yang terlalu lama di bawah suhu ini akan menyebabkan kematian atau kerusakan serius pada tanaman.

Pencahayaan juga merupakan faktor yang sangat penting bagi adenium. Selama periode yang berkembang, dari musim semi melalui musim gugur, tanaman memerlukan cahaya sebanyak mungkin.

Meski begitu, di daerah dengan sinar matahari yang kuat, tanaman harus ditanam di bawah sinar matahari yang disaring. Akan halnya, spesimen dewasa dapat ditemukan di bawah sinar matahari penuh.

Adenium Arabicum

Jenis varietas adenium yang banyak ditanam di Indonesia adalah Adenium arabicum. Mengapa demikian? Karena, bentuknya khas dan memiliki bonggol-bonggol yang indah. Adenium lain yang juga populer adalah Adenium socotranum dan Adenium somalense.

Adenium socotranum adalah tanaman yang mahal dan menjadi collector item. Asalnya, dari suatu pulau di bagian selatan Semenanjung Arab, yaitu Socotra. Daunnya yang kecokelatan bertekstur melengkung dan sepintas mirip plastik karena kilapnya.

Asal muasal Adenium somalense bisa ditebak dari namanya, yaitu Somalia dan Kenya. Di sana, tanaman tersebut tumbuh subur secara alami karena perawatannya sangat mudah. Adenium somalense mempunyai bunga indah serupa Adenium obesum. Sehingga, keduanya dikenal berkat keindahan corak bunganya yang lebih menonjol dibandingkan dengan tanaman sejenisnya. Hal tersebut disebabkan oleh tingkat mutasinya yang tinggi.

Bergantung Jenis Kelamin

Ada fakta yang menarik soal pemeliharaan adenium. Konon, pemilihan jenis adenium juga ditentukan oleh jenis kelamin pemilik tanaman. Para pria cenderung lebih menggemari adenium yang berbonggol indah, sedangkan para wanita menyukai adenium yang menghasilkan bunga-bunga cantik.

Penggemar adenium harus telaten dalam merawat tanaman hias ini. Karena, kecantikannya bisa terganggu oleh kutu dan cendawan. Apabila adenium terkena hama-hama tersebut, pertumbuhannya akan terhambat dan mengalami kecacatan pada seluruh bagian, mulai dari akar, umbi, daun, hingga pucuk bunga. Selain penampilannya menjadi tidak prima, tanaman adenium bisa mati akibat serangan hama.

Permasalahan Suhu

Seperti saat musim dingin mendekat dan suhu menjadi dingin, tanaman akan turun daunnya. Dan kemudian harus dibawa dalam ruangan untuk ditempatkan dalam lokasi yang sangat cerah dan tetap kering.

Sebagaimana harus medapatkan suhu yang sesuai, maka bila musim semi tiba, tanaman harus ditempatkan di luar. Dan ini harus bertahap diperkenalkan dengan cahaya terang, sehingga tidak menderita sengatan matahari.

Tanaman seharusnya tidak menerima air sampai bunga nya mulai tumbuh atau memproduksi bunga. Tanaman yang sehat harus dibuahi sekali per bulan, dengan setengah-kekuatan pupuk houseplant, selama musim tanam.

Tidak seperti kebanyakan tanaman, mungkin terbaik untuk menjaga Adenium pada ukuran yang sama – atau dicegah dari tumbuh – jika itu adalah pada ukuran yang sesuai untuk mekar.

Jika ini yang diinginkan, penyiraman dan pemupukan harus dilakukan dengan jarang jarang. Kita hanya harus membuahi setiap dua bulan sekali saat tanaman tumbuh. Tanaman yang tumbuh di luar dapat mencapai proporsi berat untuk tanaman hias, seperti hingga tinggi 9 ft (2,7 m).

Getah susu tanaman ini bersifat racun bila diambil secara internal. Suku di Afrika dilaporkan untuk menggunakannya pada anak panah untuk berburu.

Untuk alasan ini, kita harus berhati-hati dengan tanaman ini jika ditanam di sekitar anak-anak atau hewan peliharaan..

Tanaman Obat

Tahukah Anda bahwa adenium bukan sekadar tanaman hias yang enak dipandang dan bisa memperindah halaman rumah? Spesies Adenium multiflorum, misalnya, bisa dimanfaatkan sebagai tanaman koleksi, bahan obat-obatan, pembudidayaan, dan akarnya bisa digunakan sebagai pakan hewan liar.

Pembudidayaan adenium di wilayah tropis, seperti Asia, sangat menjanjikan. Cuaca yang panas memungkinkan untuk pengembangbiakkan ribuan tanaman dengan lancar dan lebih murah daripada menggunakan rumah kaca seperti di negara-negara Barat.

Meskipun demikian, pengembangbiak tanaman adenium di Asia harus mewaspadai iklim panas sebagai pendukung untuk penyebaran virus-virus tanaman.

Masalah Tanaman Berair

Mengawasi tanaman ini dari serangga apid dan kutu kutu pemakan. Jika diidentifikasi dalam tahap awal, menyemprot tanaman yang terkena kutu dengan jet air yang kuat bisa dilakukan untuk menyingkirkan hama.

Tip lain adalah untuk mencelupkan bola kapas di menggosok alkohol dan menghapus bagian yang terkena gigitan apid. Jika diperlukan, Anda dapat menerapkan dosis ringan insektisida.

Seperti yang Anda lihat, memberikan perawatan yang benar pada tanaman berair seperti adenium dan tips perawatan tidak sulit sama sekali. Jangan biarkan tanaman tenggelam dalam air, karena mereka tidak bisa mentolerir tanah tergenang air dan kurang sirkulasi udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *