Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

219 views

Apa manfaat buah alpukat? Seperti yang kita ketahui, ada beberapa jenis buah-buahan yang memiliki manfaat sangat besar bagi kesehatan karena kandungan-kandungannya. Misalnya, buah jeruk yang mengandung vitamin C yang berlimpah yang bisa menjaga kekebalan tubuh.

Lalu, buah sawo yang sangat bermanfaat untuk menjaga stabilitas jantung dan pembuluh darah. Adapula buah mentimun sebagai obat yang mujarab untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta banyak digunakan untuk perawatan kecantikan. Salah satu buah yang juga memiliki khasiat banyak adalah buah alpukat.

Manfaat Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah yang berasal dari Meksiko dan beberapa negara di Amerika Tengah. Alpukat sering dimanfaatkan sebagai tanaman perkebunan monokultur yang banyak ditemui di daerah-daerah tropis, seperti Indonesia. Alpukat/apokat/avocado memiliki nama Latin Persea americana. Daging buah alpukat memiliki tekstur yang lembut. Batang pohonnya bisa mencapai ukuran 20 meter.

Seperti buah-buah lain, alpukat juga seringkali dikonsumsi orang dalam bentuk jus. Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak sekali kandungan zat di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, antara lain: alkaloida dan flavonoida, saponin, serta daging buahnya juga mengandung tanin. Selain itu, daunnya mengandung quersetin, polifenol, serta alkohol persiit.

Alpukat, mulai dari daging buah sampai daun dan bijinya, sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Alpukat di antaranya mampu mengobati penyakit sariawan dan bisa dijadikan sebagai perawatan kecantikan karena berkhasiat untuk memutihkan kulit.

Selain itu, tidak hanya daging buahnya yang memiliki manfaat. Daun dan bijinya pun memiliki berberapa manfaat. Daun alpukat sangat bermanfaat untuk mengobati kencing batu, tekanan darah tinggi, nyeri saraf, nyeri lambung, sakit kepala, mengobati saluran pernapasan yang membengkak, dan menjaga menstuarsi agar tetap teratur. Biji alpukat bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes dan sakit gigi.

Alpukat juga mampu digunakan untuk mencegah penyakit stroke. Sebab, di dalamnya mengandung folat yang cukup tinggi. Kandungan beta-sitosterol dalam alpukat sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kandungan tembaga dan zat besi di dalam alpukat juga sangat bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Sehingga, risiko terkena penyakit anemia (kekurangan darah merah) semakin kecil. Tembaga dan zat besi di dalam alpukat juga mampu memantau detak jantung serta fungsi saraf tubuh agar selalu terjaga.

Baca juga : Tanaman herbal dan khasiatnya

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Alpukat memiliki kandungan-kandungan yang sangat bermanfaat sebagai obat berbagai macam penyakit. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari pengobatan berbahan alpukat ini, harus diperhatikan beberapa tahapan dan cara-cara untuk membuat ramuannya. Berikut ini adalah cara dan tahapan untuk membuat ramuan obat dari buah, daun, maupun biji alpukat berdasarkan jenis penyakit yang akan diobati.

1. Untuk penyakit kencing batu

Untuk mengobati penyakit kencing batu dengan menggunakan alpukat, ada beberapa bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat ramuan obat ini. Langkah pertama untuk membuat ramuan ini adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan.

Siapkan 4 lembar daun alpukat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, lalu biji pinang yang dibelah dan ambil setengahnya saja, 1 biji pala, dan 3 jari gula enau.
Cara untuk membuat ramuan obat ini cukup mudah dan sederhana. Semua bahan yang telah tersedia tadi dicuci sampai bersih. Setelah itu, rebus semua bahan tersebut dengan menggunakan sekitar 3 gelas air. Setelah mendidih dan volume air kira-kira tinggal 2 ¼ gelas, angkat ramuan lalu saring airnya. Minum air tersebut 3 x ¾ gelas per hari.

2. Untuk penyakit darah tinggi

Penyakit darah tinggi merupakan penyakit yang menjadi cikal bakal terjadinya serangan stroke. Sehingga, stabilitas tekanan darah harus selalu tetap dijaga dan jangan sampai naik terlalu tinggi. Untuk mengobati penyakit ini, cukup siapkan 3 lembar daun alpukat, kemudian cuci sampai bersih. Kemudian, seduh daun dengan satu gelas air panas. Setelah air dingin, minum sekaligus.

3. Untuk penyakit kencing manis

Langkah pertama untuk membuat ramuan obat untuk mengobati penyakit kencing manis (diabetes) adalah menyiapkan biji alpukat. Lalu, panggang di atas api. Setelah itu, potong biji-biji yang telah dipanggang tadi menjadi potongan kecil-kecil. Kemudian, rebus potongan-potongan biji alpukat tadi dengan menggunakan air bersih sampai air rebusan berwarna kecokelatan. Setelah itu, saring air dan minum setelah dingin.

4. Untuk mata yang bengkak

Siapkan buah alpukat, lalu potong menjadi beberapa bagian kecil yang berbentuk bulan sabit. Sambil berbaring, letakkan potongan kecil berbentuk bulan sabit tersebut di bagian bawah mata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih.

5. Untuk penyakit gigi berlubang

Ambil satu biji alpukat, lalu tumbuk sampai halus. Taburkan langsung bubuk biji alpukat tersebut pada gigi yang berlubang atau juga bisa dengan menempelkan kapas yang sudah ditaburi bubuk biji alpukat pada bagian gigi yang berlubang.

6. Untuk sakit pinggang

Bagi para pekerja keras, sakit pinggang merupakan penyakit yang seringkali di alami, sehingga mungkin harus selalu menyiapkan daun alpukat di rumahnya sebagai bahan ramuan obat sakit pinggang. Untuk membuat ramuan ini, yang pertama siapkan 5 helai daun alpukat. Lalu, rebus bersama 2 gelas air sampai kira-kira hanya tersisa segelas air. Embunkan air tersebut selama satu malam. Minumlah keesokan pagi harinya. Lakukan hal ini secara rutin selama satu minggu.