Mengenal Manfaat Pohon Gaharu dan Cara Budidayanya

91 views

Budidaya Pohon Gaharu

Gaharu merupakan komoditi ekspor dengan nilai tinggi. Di Singapura saja, nilai perdagangan gaharu sudah mencapai 2000 ton per tahun dengan 70%-nya diimpor dari Indonesia dan sisanya dari negara-negara lain di Asia. Karena nilai ekonomis dari kayu gaharu ini semakin tinggi, maka tak heran jika banyak pebisnis yang kemudian menangkap sinyal adanya peluang bisnis dari kayu ini. Sekarang ini, banyak pengusaha yang memutuskan untuk membudidayakan pohon ini sebagai salah satu pilihan investasi yang menguntungkan. Jika Anda pun tertarik untuk membudidayakan pohon ini, berikut cara budidaya gaharu yang dapat Anda lakukan.

Manfaat Pohon Gaharu dan Cara Budidayanya

Gaharu adalah pohon yang memiliki sifat tidak memilih tanah. Jadi, jika Anda adalah orang yang masih awam dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir. Yang harus dipastikan ketika akan menanam pohon ini adalah ketinggian tanah area lahan harus berada sekitar 0-2400 mdpl, dengan kelembaban 60%-80%, dan curah hujan sekitar 1000-35.000 mm pertahun.

Dalam menanam pohon ini, ada dua pola tanam yaitu pola monokultur dan pola tumpang sari. Jika Anda memilih pola monokultur, berarti area lahan digunakan hanya untuk menanam pohon ini saja. Jarak tanam antara 1 pohon ke pohon lainnya sekitar 1-3 m, kondisikan dengan area lahan Anda.

Perawatan ekstra perlu Anda lakukan selama 6 bulan hingga satu tahun. Ini karena gaharu adalah jenis pohon yang memerlukan perlindungan dari sinar matahari. Pohon ini hanya membutuhkan sekitar 40% hingga 50% cahaya matahari saja. Oleh karena itu, sebaiknya hindari sinar matahari langsung pada pohon ini mulai dari jam 10 pagi hingga 3 sore.

Berbeda dengan pola monokultur, pada pola tumpang sari Anda menanam pohon ini bersama-sama pohon lain atau tanaman lain seperti cabai, tomat, buah-buahan, jagung, singkong, dan lain-lain. Selain di area kebun, Anda juga bisa memanfaatkan lahan kosong seperti halaman belakang rumah, belakang peternakan, sekolah, dan sebagainya untuk menanam pohon ini. Dengan begitu, selain Anda mendapatkan keteduhan, Anda juga akan memetik hasilnya setelah 5-6 tahun ke depan untuk panen. Usahakan 1 atau 2 tahun sebelum panen Anda sudah menanam bibit pohon gaharu lain sebagai pengganti pohon yang akan dipanen nanti. Jadi, jika masa panen pohon ini telah tiba, lahan tanam Anda tidak akan kosong.

Dalam menanam tanaman gaharu ini ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Pertama, buatlah lubang dengan ukuran 40cm x 40cm x 40cm untuk menanam bibit pohon. Selanjutnya, masukkan kompos atau pupuk kandang ke dalam lubang tersebut sebanyak 2 hingga 5 kg yang dicampur dengan tanah. Biarkan kompos atau pupuk kandang tersebut selama 2 hingga 4 minggu. Setelah sekitar 4 minggu, tanam bibit pada lubang yang sudah disiapkan.

Dalam pemeliharaannya, Anda dapat melakukan pemupukan 3 bulan sekali, bisa juga setiap 6 bulan sekali dengan menggunakan kompos. Jika usia tanaman sudah mencapai 1 tahun, Anda juga bisa menambahkan NPK tiap 3 bulan dengan dosis sekitar 5 gram per tanaman. Kemudian, dosis bisa ditambah berangsur-angsur sesuai besarnya tanaman.

Seperti halnya tanaman lain, pohon gaharu juga dapat diserang hama. Hama yang biasanya ada di pohon ini adalah kutu putih. Hama ini biasanya terdapat di bagian bawah daun saat kondisi lingkungan sekitar terasa lembab. Serangan hama ini dapat dicegah dengan melakukan pemangkasan pohon pelindung supaya pohon ini dapat terjemur matahari.

Pemangkasan dapat dilakukan ketika umur pohon sudah mencapai 3  hingga 5 tahun. Caranya, potong bangian bawah pohon dan sisakan sekitar 4 hingga 10 cabang bagian atas. Khusus untuk bagian pucuk, pangkas dan pelihara sekitar 5 cm. Hal ini akan memudahkan inokulasi pohon ini. Lakukan juga penyemprotan dengan menggunakan pertisida seperti decis, reagent, dan tiodane. Selain penyemprotan dan pemangkasan, lakukan juga pembersihan rumput agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik.

Demikianlah sekilas informasi tentang tanaman gaharu, manfaat, serta cara budidayanya. Pembudidayaan pohon ini memang bisa menjadi satu lahan investasi yang mennguntungkan mengingat semakin  beragamnya manfaat yang dihasilkan dari pohon gaharu ini. Selain itu, jumlah ketersediaan bahan baku dari pohon ini yang masih sedikit  padahal permintaannya banyak membuat prospek bisnis kayu gaharu ini menjadi semakin jelas. Mau mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *