Prospek Bisnis Tanaman Herbal dan Khasiatnya, Pelajari Artikel Ini!

370 views

Tanaman Herbal dan Khasiatnya, Beruntunglah kita yang tinggal di bumi nusantara. Sebagai negara tropis, Indonesia dikenal sebagai wilayah yang paling kaya dengan berbagai jenis tanaman obat. Suatu kekayaan yang tidak banyak dimiliki oleh negara lain di dunia ini. Sayangnya, masih banyak yang belum termanfaatkan dengan baik.

Tanaman Herbal dan Khasiatnya

Dari ribuan jenis tanaman herbal dan khasiatnya yang sudah diketahui dan berhasil diidentifikasi, sebagian besar terdapat di Indonesia. Sedangkan yang belum teridentifikasi diperkirakan masih banyak lagi, terutama yang terdapat di kawasan hutan tropis kita.

Sangat Berperan

Belakangan tanaman yang berkhasiat obat turut memainkan peran yang semakin penting dalam pengobatan modern. Apalagi herbal memiliki berbagai keunggulan dibandingkan obat-obat farmasi yang dibuat dari dan dengan bahan kimia. Selain relatif tidak memiliki efek samping, tanaman obat juga dapat digunakan sebagai penunjang dan sebagai pendamping untuk meningkatkan efektifitas pengobatan medis.

Memang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh tanaman herbal untuk menjadi salah satu obat yang bisa diakui sebagai obat-obatan yang diakui. Penelitian dan bukti secara ilmiah harus didapatkan. Namun, orang Indonesia sudah terbiasa dengan tanaman herbal ini. Bukti empirik yang didapatkan rasanya sudah cukup membuktikan bahwa tanaman herbal ini benar-benar memberikan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Misalnya, untuk mengusir masuk angin, orang Indonesia meminum minuman terbuat dari jahe, serai, dan gula merah.

Ramuan ini cukup efektif memberikan rasa hangat di tubuh sehingga rasa masuk angin mudah ditepiskan. Rasa pegal linu juga bisa dihilangkan dengan meminum sekoteng atau ramuan lain yang terbuat dari jahe. Selain itu, bila terkena amandel, obat yang biasa diminum adalah ramuan kunyit yang diberi kapur sirih sedikit. Untuk mengobati daging tumbuh atau tumor, bawang putih juga bisa digunakan dengan cara dioleskan sesering mungkin.

Banyaknya tanaman herbal yang berkhasiat, membuat banyak orang asing yang berusaha mengenal lebih dalam rempah-rempah Indonesia. Selain itu, berbagai jenis jamu atau ramuan herbal terdapat di seluruh pelosok negeri. Misalnya, ketika mengalami maag, ramuan yang digunakan untuk meredakannya adalah air sagu yang diberi gula merah. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengobati diare. Dedaunan yang ada di sekeliling rumah juga bisa dijadikan obat herbal.

Daun jambu biji merah yang direbus bisa dijadikan obat demam berdarah dan meningkatkan tenaga. Kelapa muda pun dijadikan berbagai obat yang berkhasiat. Kelapa yang bisa didapatkan dengan mudah ini, bisa dijadikan sebagai sumber minuman berenergi yang luar biasa. Asalkan teratur meminumnya, maka akan memberikan efek yang lebih baik.

Back to Nature

Perkembangan bisnis tanaman herbal terasa sangat pesat setidaknya pada lima tahun terakhir. Hal ini terutama mendapatkan momentumnya ketika banyak orang menyerukan untuk kembali ke alam sebagai alternatif menghadapi makin berkembangnya jenis dan ragam penyakit yang menyerang manusia. Kampanye back to nature seakan menjadi pendorong tumbuhnya kesadaran manusia untuk menjaga kesehatan secara alami dengan mengkonsumsi tanaman herbal dan khasiatnya sebagai pengobatan alami.

Perkembangan paling menyolok dari bisnis tanaman herbal, terlihat dari maraknya tawaran herbal dari iklan-iklan yang dipasang di berbagai media massa. Dari koran lokal yang terbit di berbagai daerah, iklan kolom tentang herbal terasa begitu marak. Begitu juga dengan berbagai majalah, tabloid, surat kabar nasional, radio, hingga televisi tak pernah sepi dengan iklan dan kampanye manfaat herbal untuk kesehatan.

Pemanfaatan tanaman herbal sebenarnya telah dilakukan para orang tua dan nenek moyang kita sejak jaman dulu. Ketika pengobatan modern belum berkembang seperti sekarang, orang pada jaman dulu memanfaatkan tanaman ataupun tumbuhan yang mempunyai khasiat menyembuhkan. Untuk menyembuhkan luka terjatuh, luka terbakar, digigit hewan berbisa atau beracun, hingga keracunan makanan digunakan berbagai tanaman yang ada disekitarnya.

Melalui pengalaman dan pengetahuan yang bersifat turun temurun inilah manfaat tanaman sebagai penyembuh terdokumentasikan secara alami. Dokumentasi sejarah paling rinci tentang manfaat maupun khasiat tanaman untuk pengobatan diperoleh dari China yang dikenal memiliki tabib-tabib yang ahli daam pengobatan tradisional.

Apalagi ketika penelitian secara laboratorium makin menguatkan khasiat tanaman herbal untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit. Naiknya pamor kunir putih terjadi setelah diketahui manfaatnya yang luar biasa dalam mengatasi kanker. Berbagai tanaman jenis temu-temuan lainnya, sepeti jahe, temulawak, kunyit, dan sebagainya makin dicari setelah diketahui kandungan gizi dan zat pengobat lainnya.

Bisnis herbal pun makin berkembang setelah berbagai minuman instan dari tanaman herbal ini tersedia secara praktis. Tanaman herbal dan khasiatnya untuk kesehatan yang luar biasa memang layak dijadikan sebagai lahan bisnis yang sangat prospektif.

Baca juga : Khasiat buah mengkudu