Potensi Sosial dan Ekonomi Tanaman Kelapa

514 views

Penyakit pada Tanaman Kelapa Kopyor

Selain serangan hama, tanaman kelapa kopyor juga memiliki musuh lain yang tak kalah mematikan. Kali ini musuh tersebut datang dari berbagai penyakit yang biasa menyerang tanaman ini. Beberapa jenis penyakit yang biasa diderita tanaman ini, di antaranya batang berdarah, busuk tunas dan gugur buah, serta bercak daun.

Potensi Sosial dan Ekonomi Tanaman Kelapa

1. Penyakit Batang Berdarah

Penyakit ini adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh cendawan Caratocystis paradoxa (Dade) Moreau. Gejala serangan yang khas adalah keluarnya cairan berwarna coklat kemerahan dari retakan pada batang. Jika dibiarkan cairan ini akan mongering dan menyebabkan pembusukan ke sebagian besar bagian batang. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara melakukan ter dan mengoleskan insektisida pada bagian tanaman kelapa yang terindikasi mengalami luka.

2. Busuk Tunas dan Gugur Buah

Penyakit ini merupakan jenis penyakit pada kelapa yang disebabkan oleh cebdawan Phytopthora palmivora (Bult.). pada Umumnya penyakit ini meyerang pucuk dan buah muda yang berumur lebih dari 2 bulan. Gejala ini mula-mula tampak pada janur kuning yang berwarna pucat agak condong dan akhirnya patah atau rebah.

Lalu, serangan pada buah ditandai dengan munculnya bercak kecil berwarna coklat pada kulit buah. Lama kelamaan bercak ini akan membesar sehingga buah akan mengalami keguguran.

Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan penggunaan bibit yang sehat, membongkar dan memusnahkan tanaman kelapa yang sakit berat.

3. Bercak Daun

Penyebab penyakit ini adalah cendawan Pestalotipsis palmarum. Gejala serangannya terlihat pada daun yang jadi banyak memiliki bercak-bercak yang tembus cahaya. Bercak ini lama kelamaan akan berubah menjadi kelabu, dan pada bagian yang berwarna kelabu akan muncul titik hitam. Daun yang terserang berat akan mati. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan bibit yang sehat, pemberian air yang cukup, sanitasi kebun, dan pemupukan yang cukup.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai tatacara pengendalian hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman kelapa kopyor. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara budidaya melon yang benar