Potensi Sosial dan Ekonomi Tanaman Kelapa

511 views

Tanaman kelapa merupakan salah satu komoditas perkebunan penting dalam perekonomian di Indonesia. Dapat dipastikan, semua bagian kelapa memiliki nilai ekonomis dan nilai sosial yang sangat tinggi. Jika komoditas tanaman kelapa ini dikelola secara agrobisnis berwawasan ramah lingkungan, tentunya sangat potensial untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani, serta pendapatan daerah dan negara.

Potensi Sosial dan Ekonomi Tanaman Kelapa

Pernyataan tersebut bukan hanya isapan belaka. Jika masih ada yang meragukan pernyataan tersebut sebaiknya Anda membaca artikel ini. Karena dalam artikel ini, penulis akan mengulas seperti apa potensi sosial dan ekonomi tanaman kelapa bagi petani khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya. Anda penasaran? Simak saja uraian berikur.

Potensi Sosial Tanaman Kelapa

Sebagaimana kita ketahui, kelapa termasuk salah satu tanaman yang serba guna atau tree of life. Setiap bagian tanaman kelapa bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia. Nilai sosial kelapa memiliki peranan penting dalam dunia kesehatan. Beberapa manfaat kelapa bagi kesehata, di antaranya sebagai berikut.

1. Daging Kelapa

Daging kelapa mengandung berbagai macam enzim yang sangat berguna bagi kesehatan, terutama dalam pencernaan manusia. Sebagai contoh, kita ambil saja daging kelapa yang dicampur dengan pisang yang dilembutkan dan susu. Hasil olaham tersebut merupakan salah satu makanan tambahan yang bergizi tinggi bagi anak-anak dan berkhasiat obat bagi penderita gangguan pencernaan, kejang usus, tukak lambung, diare, sakit kuning, dan wasir.

Lalu ada daging kelapa muda dicampur dengan air kelapa yang merupakan makanan baik bagi orang-orang yang berusia lanjut. Selain itu, mengunyah sepotong kelapa yang masih segar bersama dengan sedikit gula jawa dapat memperkuat gusi dan mencegah sakit gigi pada anak-anak hingga usia tertentu.

Daging kelapa muda segar yang digiling, kemudian ditambah satu gelas air kelapa muda, gula batu, dan sebutir kapulaga berkhasiat sebagai obat rasa kering dalam dada, cegukan, tukak lambung, dan insomnia. Selain itu, daging kelapa muda yang dibuat tepung dapat digunakan sebagai makanan penting bagi penderita kencing manis. Lalu jika Anda mengalami bisul dan ingin cepat sembuh, bisa dilakukan dengan menempelkan daging kelapa muda pada permukaan bisul tersebut.

2. Santan Kelapa

Santan dari kelapa muda merupakan salah satu makanan berharga bagi anak-anak yang menderita kekurangan protein dan vitamin D, serta penderita tuberkolosis perut. Selain itu, dengan meminum segelas santan di pagi hari, kemudian disusul dengan meminum minyak kastor sebanyak 25 gram terbukti sangat bermanfaat untuk membinasakan cacing pita dalam perut.

3. Air Kelapa

Air kelapa merupakan air yang steril, alamiah, dan mengandung kadar kalium dan khlor yang sangat tinggi. Air kelapa muda berkhasiat sebagai diuretik atau berguna untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan susu sangat baik untukmakanan anak-anak, di antaranye berkhasiat mencegah penggumpalan susu dalam perut, rasa mual yang menyebabkan muntah, sembelit, dan mencegah sakit pencernaan.

Lalu ada air kelapa muda yang dicampur dengan pisang yang dapat membantu mengatasi pengaruh racun-racun dalam obat, sulfa dan atibiotik, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih mudah diserap oleh darah. Jika Anda rajin mencuci muka dengan air kelapa setiap hari, maka jerawat dan noda-noda hitam di wajah akan lenyap. Kahsiat lain dari air kelapa adalah untuk mencegah munculnya kerutan di wajah, kulit mongering, dan menjadikan wajah tetap berseri sepanjang hari.

Baca juga : Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan