Tanaman Melon dan Cara Budidayanya | Inilah Panduan Praktisnya

652 views

Jenis-Jenis Melon

Di dunia pertanian buah, ada sejumlah jenis melon yang banyak dibudidayakan. Berkat campur tangan manusia dan dibantu teknologi pertanian, ahli pertanian lantas membuat percobaan kawin silang antara dua jenis melon, tujuannya mencari bibit kwalitas unggul, misalnya buahnya lebih besar, rasanya manis dan tentu tahan dengan serangan hama dan penyakit.

Tanaman Melon dan Cara Budidaya

Maka sekarang muncul jenis-jenis melon generasi baru yang lebih baik dari tanaman melon pendahulunya/asli dari alam. Berikut ini adalah jenis-jenis melon yang dibudidayakan di Indonesia:

Honey Globe

Melon jenis honey globe termasuk dalam melon kualitas unggul. Ciri-ciri buahnya bulat, warna kulit luarnya hijau cerah, pada permukaan kulit terdapat guratan-guratan. Berat buahnya rata-rata mencapai 4 kg. Daging buahnya tebal, berair dan rasanya cukup manis karena kadar gulanya mencapai 17-19% saat buah sudah matang. Tekstur daging buahnya lembut, mudah dikunyah.

Keunggulan melon jenis ini adalah masa tanamnya relatif singkat, cukup 3 bulan sudah bisa dipanen. Kemudian, tangkai pada buah cukup kuat sehingga tak mudah patah ketika buah sudah membesar. Metode menanam melon jenis ini perlu persiapan dan perhatian yang lebih dari petani supaya buahnya tumbuh sempurna dan seragam.

Golden Langkawi

Golden langkawi merupakan jenis melon impor kwalitas unggul. Melon ini berasal dari Langkawi, Malaysia. Ciri-ciri buahnya berwarna kuning emas, permukaan kulit lebih mulus, sama sekali berbeda dengan melon lokal yang memiliki guratan-guratannya. Bentuk buahnya agak lonjong. Sekilas bentuk buahnya mirip timun suri. Tekstur dagingnya lebih renyah, berair dan kadar gulanya lebih tinggi. Berat buah yang sudah matang rata-rata 1,5 kg sampai 3kg. Keunggulan lainnya adalah masa panennya yang relatife singkat, bisa dibudidayakan dalam media tanam, seperti pollybag, pot plastik, sehingga bisa menghemat lahan.

Apollo

Melon jenis Apollo bentuknya hampir mirip dengan golden langkawi, tapi yang membedakan adalah pada permukaan kulitnya. Pada melon Apollo, permukaan kulitnya terdapat guratan. Sedangkan dari segi warna melon ini lebih cerah.  Soal rasa melon jenis ini tak kalah dengan jenis lainnya. Rasanya lembut, teksturnya tak berserat, kadar airnya lebih banyak. Sehingga disukai banyak orang.

Tips Budidaya

Budidaya melon sebenarnya cukup mudah, asalkan Anda mengerti karakter tanaman dan menyiapkan lahan atau media tanam yang tepat untuk melon. Bahkan melon bisa tumbuh baik dengan hanya menggunakan pot atau pollybag.

Berikut ini tips ringkas budidaya melon dengan lahan terbatas :

  1. Media tanam
    Media tanam atau tanah sangat menentukan keberhasilan bertanam melon. Intinya, tanaman ini menyukai tanah yang mengandung unsur hara tinggi, dan sifatnya porus. Untuk membuat media tanam yang porus bisa dilakukan dengan mencampurkan antara pasir, tanah, merang, tumbukan arang dan pupuk kandang. Aduk jadi satu hingga semua bahan bercampur merata.
  2. Pollybag atau pot
    Langka selanjutnya adalah siapkan pollybag/kantong plastik tempat menaruh media tanam. Alternatif lain bisa menggunakan kaleng bekas seperti kaleng biskuit, kaleng cat atau ember bekas. Namun, pollybag atau pot itu harus dilobangi terlebih dulu pada bagian bawah dan samping. Supaya ketika disiram air langsung keluar dan tak menggenang.
  3. Tali plastik
    Siapkan tali plastik atau bilah-bilah bambu. Kedua benda ini nanti dipakai sebagai media tempat merempat sulur-sulur tanaman. Setiap pot diberi tali plastik yang dibentangkan dari pot ke keatas.
  4. Pupuk
    Anda bisa menggunakan pupuk kandang. Jenis pupuk ini bermanfaat meningkatkan pertumbuhan tanaman dan buah.
  5. Perawatan
    Tahap selanjutnya ketika bibit sudah mulai besar adalah perawatan rutin yakni menyirami tumbuhan sehari dua kali. Menyiangi gulma dan rumput yang tumbuh di sekitar media tanam. Kalau ada ulat atau telur serangga di daun sebaiknya disingkirkan.

Demikianlah sekilas tentang tanaman melon dan tips budidaya sederhana. Semoga bermanfaat.