Tanaman Tomat Mudah, Murah, dan Manfaat yang Harus Kamu Tahu

592 views

Tanaman tomat sudah sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita bisa mengonsumsi tomat sebagai buah segar, lalapan, bumbu masakan, maupun makanan olahan seperti jus, sambal, atau saus tomat.

Saking familiarnya kita dengan tanaman tomat ini, kita cenderung menganggapnya biasa-biasa saja. Apalagi,  tomat ini sangat mudah didapatkan dan harganya relatif murah. Namun, tahukah Anda bahwa tomat bisa memberi segudang manfaat bagi kesehatan tubuh Anda?

Tanaman Tomat Mudah, Murah, dan Manfaat

Tanaman Tomat, Khasiat Buahnya Luar Biasa

Tanaman tomat mudah kita jumpai di warung-warung sayur, penjual sayur keliling, pasar-pasar tradisional, bahkan sampai supermarket besar pun menjualnya dengan ragam varian yang berbeda-beda. Tomat termasuk ke dalam kategori sayuran buah yang bisa dijadikan obat alami untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa dari sekian banyak khasiat tomat yang luar biasa.

  • Tomat terkenal dengan kandungan lycopene yang tinggi. Lycopene merupakan anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh dan mencegah penuaan dini, serta melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis kanker. Kandungan lycopene dalam  tomat bisa meningkat sampai 500% bila dimasak lebih dulu sebelum dikonsumsi.
  • Kandungan zat tomatin sebagai anti-radang dalam tomat mampu mengobati radang pada luka, jerawat, wasir, borok, usus buntu, bahkan radang pada saluran pencernaan.
  • Tomat bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit karena mengandung asam sitrat yang bisa membuat kulit tampak lebih bersih dan segar.
  • Kandungan kromium dalam tomat bermanfaat untuk menjaga kestabilan tingkat gula darah, sehingga dianjurkan bagi penderita diabetes.
  • Tomat mengandung asam nikotinat yang mencegah penyakit jantung dan membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.
  • Tomat juga mengandung asam klorogenat dan asam coumaric. Kedua zat tersebut mampu memerangi karsinogen yang berbahaya yang terdapat dalam rokok sehingga sangat disarankan dikonsumsi oleh para perokok.

Ciri Fisik Tanaman Tomat

Tanaman tomat sangat mudah dikenali karena ciri fisiknya yang unik dan khas. Daunnya yang majemuk ganjil berwarna hijau dan berbentuk oval memanjang. Tepian daun-daun ini bergerigi dan membentuk celah-celah menyirip dan agak melengkung ke dalam.

Daun tomat ini tumbuh berselang-seling atau tersusun spiral mengelilingi batangnya. Daun-daun ini memiliki bulu-bulu halus yang dikenal sebagai bulu-bulu kelenjar. Daun tomat kurang disukai hewan karena aromanya yang kurang sedap jika dicium.

Tomat memiliki batang yang berwarna hijau dan lunak, tapi kuat. Sama seperti daunnya, batangnya ini dipenuhi oleh bulu-bulu kelenjar. Batangnya ini mengalami penebalan pada tiap ruasnya. Dan pada bagian bawah ruas-ruas tersebut tumbuh akar-akar pendek.

Jika pertumbuhannya subur, batang ini akan berkembang membentuk banyak cabang. Meski begitu, banyaknya jumlah cabang yang berkembang tidak menentukan banyaknya buah yang akan tumbuh.

Tomat memiliki akar besar yang bersifat tunggang dan sedikit akar serabut. Akar tunggang ini tumbuh menembus ke dalam tanah, sementara akar serabutnya hanya sedikit menyebar ke samping dan tidak begitu dalam.

Tanaman tomat yang subur akan menumbuhkan bunga pada batangnya yang masih muda. Bunga tomat berwarna kuning muda dengan ukuran diameternya sekitar 2 cm.

Bunga ini memiliki enam buah mahkota berukuran sekitar 1 cm dan pada pangkalnya ditopang oleh lima buah kelopak berwarna hijau yang membentuk bintang. Bunga tomat sebagai cikal bakal buah tomat ini memiliki benang sari dan kepala putik sehingga termasuk bunga sempurna.

Baca juga : Cara Menanam Tomat yang Baik