Cara Menanam Buncis Yang Baik Dan Benar

9,464 views

Cara menanam buncis yang baik dan benar – Halo para pembaca semuanya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara menanam buncis yang baik dan benar. Sebelum kita membahas tentang artikel tanaman buncis dari kami, mari kita simak ulasan berikut ini terlebih dahulu. Tanaman buncis merupakan jenis tanaman sayuran yang kaya akan manfaat, contohnya yaitu kandungan vitamin pada kacang buncis yang sangat banyak.

Buncis juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi pada manusia, orang yang berkolesterol tinggi bisa diobati menggunakan kacang buncis, yaitu buncis cukup direbus menggunakan air biasa. Selain itu buncis juga rasanya sangat enak, buncis banyak digemari oleh banyak orang penikmat sayuran, buncis dapat dimasak dengan berbagai macam varian masakan.

Cara menanam buncis yang baik dan benar

Selain itu, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada yang bisa dimanfaatkan dari tanaman kacang buncis selain buncis itu sendiri? Yaitu daun dari tanaman buncis tersebut, sebenarnya belum banyak orang yang mengetahuinya bahwa daun dari tanaman kacang buncis juga bisa dikonsumsi oleh manusia, dengan cara diolah menjadi masakan, biasanya daunya yang masih muda dapat digunakan sebagai sayuran.

Pasti Anda sangat kaget dengan berita ini, tidak usah kaget, karena hal seperti ini sudah diketahui oleh para petani tanaman buncis yang ada di desa-desa, dan mereka sering memanfaatkan daun dari tanaman buncis tersebut untuk dimasak sebagai pendamping nasi. Soal rasa tidak perlu Anda tanyakan, karena rasanya sangat nikmat dan segar, sayuran ini akan lebih nikmat dikonsumsi jika ditemani oleh sambal yang pedas dan pastinya akan menyehatkan bagi Anda semua.

Selain kaya akan manfaat, tanaman buncis juga mudah untuk dibudidayakan atau ditanam dimana saja yang penting kebutuhan air tercukupi dan juga kesuburan pada tanah mendukung untuk proses pertumbuhan tanah. Tanaman buncis dapat ditanam di depan rumah, taman rumah, di ladang kosong, di samping bedeng yang sudah di penuhi dengan tanaman dan juga bisa ditanam diatas media tanam polybag.

Langkah-langkah cara menanam buncis yang baik dan benar

Berikut ini kami akan memberi ulasan tentang cara menanam buncis yang baik dan benar kepada Anda dengan menggunakan media polybag. Langkah-langkah yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Mempersiapkan bahan-bahan yaitu seperti: pupuk kandang (kompos), polybag, tanah lembut (sudah disaring), dan bibit kacang buncis.
  2. Campur tanah yang sudah disiapkan dengan pupuk kandang (kompos) hingga merata, kemudian saring campuran antara tanah dan juga pupuk kandang menggunakan ayakan agar campuran tersebut menjadi lembut dan tidak ada ranting-ranting pohon didalamnya.
  3. Masukkan campuran tanah yang sudah dipersiapkan kedalam polybag dengan penuh, dan kami kasih saran sebaiknya tanah di dalam polybag jangan di padatkan agar pertumbuhan buncis bisa sempurna.
  4. Siram tanah yang ada di dalam polybag hingga basah secara merata agar kelembaban tanah didalam polybag tetap terjaga dan bagus untuk pertumbuhan tanaman buncis.
  5. Buatlah lubang kecil menggunakan jari tangan kemudian masukkan bibit biji kacang yang sudah disiapkan, tutup kembali lubang menggunakan tanah dan jangan dipadatkan maka dalam jangka waktu sekitar 1 minggu maka bibit biji kacang buncis akan tumbuh.

Cara Merawat Tanaman Buncis

Untuk perawatannya juga sangat mudah yaitu cukup dilakukan penyiraman dan juga pengobatan pada tanah menggunakan pupuk KCL yang terdapat di toko-toko pertanian, bersihkan juga rumput-rumput liyar yang tumbuh disekitar tanaman buncis.

Cara menanam buncis yang baik dan benar

Tunggu hingga dalam waktu kurang dari 40 hari maka akan tumbuh bunga dan setelah itu akan berubah menjadi kacang buncis, dalam waktu normal Anda akan bisa memanen buncis disekitar usia 50 hari dan panen dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu sekitar 5 hari hingga 7 hari atau 1 minggu. Jangan lupa, daun dari tanaman sawi buncis juga bisa dikonsumsi lho ya!

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara menanam buncis yang baik dan benar menggunakan media tanam polybag, semoga dapat selalu bermanfaat bagi Anda semua dimanapun Anda berada. Untuk anda yang ingin membaca koleksi artikel kami lainnya dapat kunjungi web kami belajar bertanam (dot) com. Selamat mencoba dan semoga sukses!!!